Monday, October 28, 2013

Mengelilingi Bulan dan Pergi Kembali

Pada tanggal 21 Desember 1968, pesawat ruang angkasa Amerika Apollo 8 berhasil diluncurkan ke ruang angkasa untuk melakukan perjalanan pertama manusia di bulan. Di Kapal Apollo 8 yang berlandas bersejarah ini adalah astronot Frank Bormsn, James Lovell, Jr, dan William Anders. Bagi Borman, itu adalah misi luar angkasa yang kedua, serta ketiga kalinya untuk Lovell. Bagi Bill Anders ini adalah perjalanan pertamanya ke luar angkasa. Pesawat ruang angkasa melakukan 10 orbit bulan sebelum kembali dengan selamat ke Bumi. Artikel ini ditulis oleh astronot William Anders.
Kira-kira dua puluh tahun yang lalu, ketika saya masih seusia Anda, saya tidak tahu bahwa suatu hari nanti saya yang akan duduk di pesawat ruang angkasa Amerika untuk melakukan penerbangan berawak pertama mengelilingi bulan. Pada saat kata astronotbahkan belum tercipta. Ini semua tampak seperti mimpi seorang penulis fiksi-sains
Tapi sekarang mimpi itu menjadi kenyataan. Kami tidak hanya mengelilingi bulan, tapi di atasnya. Beberapa dari kalian akan berbuat lebih banyak lagi di masa akan datang. Bagi generasi kalian, bulan yang saya anggap sebagai tujuan mungkin hanya batu loncatan..
Barangkali Anda yang akan menjadi yang pertama untuk menemukan kehidupan dari beberapa jenis di luar angkasa. Saya tidak tahu pasti ada atau tidak yang melakukannya tapi saya akan kagum jika ada beberapa bentuk kehidupan yang ada di langit. Dr Harlow Shapley, salah satu astronom terkemuka di dunia, telah mengatakan bahwa mungkin ada sebanyak seratus juta planet dimana kita manusia bisa hidup. "Kami tidak sendirian," Dr Shapley  menyimpulkan dan saya setuju dengan dia.
Saya tahu ada banyak pemuda yang ingin menjadi astronot, ilmuwan atau penjelajah luar angkasa, atau jika itu tidak mungkin, setidaknya untuk bekerja pada program ruang angkasa. Namun, untuk melakukannya, Anda harus mempersiapkan diri. Dan, untuk mempersiapkannya, Anda harus bekerja keras. Tidak ada cara lain. Rata-rata usia dari operasional di  Pusat Kendali Misi Hoston untuk penerbangan program Apollo kami adalah 23 tahun.
Dalam bidang ruang angkasa, matematika dan ilmu pengetahuan merupakan yang paling penting. Ini adalah mata pelajaran dimana para astronot dimasa mendatang harus memberikan perhatian khusus di sekolah. Saya tidak bermaksud bahwa mata pelajaran lainnya tidak penting untuk disamakan, untuk mengetahui sesuatu tentang dunia ini dan permasalahan sebelum Anda pergi ke dunia lain. Tapi fondasi yang kuat dalam matematika dan ilmu pengetahuan adalah penting untuk astronot. Ia tidak paham tanpa ada pemahaman mengenai alam serta alam dunia nyata ini.
Melihat kembali ke pengalaman sekolah saya sendiri, saya berharap saya telah melakukan lebih baik di tahun-tahun awal saya. Saya berharap saya telah mencoba sedikit lebih keras. Saya berharap saya telah menyadari betapa pentingnya akan saya di kemudian hari. Tidak ada gunanya melakukan pekerjaan rumah seperti burung beo, menyerap pelajaran tanpa berpikir, atau, Sebagaimana sering dikatakan ini itu, "monyet melihat, monyet lakukan." Kamu harus mau memahami mengapa jawabannya adalah apa itu. Hal ini sangat penting tidak hanya bagi mereka yang ingin menjadi para astronot. Ingat, semakin Anda memberikan untuk pendidikan Anda, semakin pendidikan memberikan kembali. Beberapa pelajaran yang Anda pelajari di sekolah tidak tampak sangat penting-sampai Anda mengitari bulan, di mana kesalahan sedikit dalam aritmatika yang sederhana dapat berakibat fatal.
Pengendalian diri, disiplin dan kekuatan mental persyaratan yang sangat penting bagi seorang astronot. Ini bukan hal yang aneh bagi seseorang untuk ingin menjadi bintang lapangan, tetapi dalam program luar angkasa Anda harus bersedia untuk menghentikan ambisi ini untuk kebaikan misi. Semangat kebaikan tim-kerja harus menang atas keinginan pribadi.
Ambil contoh kasus Michael Collins, salah satu dari tiga orang Apollo 11 awak. Mike adalah pilot dari perintahkapsul "Columbia" mengelilingi pada orbit bulan, sementara rekan-rekan kru, Neil Amstrong dan Edwin Aldrin, sebenarnya menginjakkan kakinya di permukaan bulan. Mike telah bersedia untuk bertukar tempat dengan Neil atau Ed. Siapa yang tidak akan punya? Tapi rencana tersebut membutuhkan dia untuk tetap berada di orbit. Hal yang sama terjadi pada penerbangan Apollo 12. Astronot Richard Gordon harus tetap berputar-putar-sekitar bulan sementara Peter Conrad dan Alan Bean berjalan di bulan. Kerja tim adalah kunci keberhasilan.


0 comments :

Post a Comment