PENGEMBANGAN INDIKATOR
KELOMPOK A
Usia 4-5 tahun
1. AKHLAQUL KARIMAH, SOSIAL EMOSIONAL
DAN KEMANDIRIAN (ASK)
|
|||
No.
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
|
CAPAIAN PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mengenal tata cara
berakhlakul kepada Allah
|
1.
Sikap dalam berdoa
|
1.
Terbiasa membaca doa
sebelum kegiatan
|
2.
Terbiasa membaca doa sesudah kegiatan
|
|||
|
3.
Berlatih khusyu dalam
berdoa
|
||
|
|
4.
Adab mendengar adzan dan
iqomah
|
|
|
5.
Terbiasa menjawab adzan
|
||
|
6.
Bersyukur atas kelebihan
dan prestasi yang dicapai
|
||
2
|
Memiliki Akhlaq yang baik
dalam diri sendiri
|
1.
Prilaku baik dan sopan
dalam berbicara
|
7.
Berbicara yang baik dan
sopan dengan sesama teman
|
|
|
8.
Berbicara yang baik dan
sopan dengan orang dewasa
|
|
|
|
9.
Mudah meminta maaf dan
mau memaafkan
|
|
|
2.
Prilaku baik dan sopan dalam
berpakaian
|
10.
Berpakaian yang rapi di
rumah
|
|
|
11.
Berpakaian yang rapi
disekolah
|
||
|
12.
Berpakaian yang rapi di
sesuaikan dengan keperluan
|
||
|
3.
Prilaku yang baik dan
sopan dalam bertingkah laku
|
13.
Tidak mengganggu teman
|
|
|
|
14.
Mudah bergaul/berteman
|
|
|
|
15.
selalu bersikap ramah
|
|
|
|
16.
Senang bersikap jujur
|
|
3
|
Mengenal tata cara
berakhlak/ berperilaku terhadap sesama
|
1.
Mulai berprilaku saling
hormat menghormati
|
17.
Berlatih hormat kepada
orang tua, guru, teman atau orang
dewasa lainnya
|
|
18.
Mau mengalah
|
||
|
19.
Terbiasa mengucapkan
salam
|
||
|
20.
Terbiasa menjawab salam
|
||
|
21.
Terbiasa mengucapkan
terima kasih
|
||
|
22.
Meminta tolong dengan
baik
|
||
|
2.
Memiliki toleransi
terhadap sesama
|
23.
Memilki toleransi
terhadap sesama
|
|
|
24.
Memiliki rasa dermawan
|
||
|
3.
Timbulnya sikap kerjasama dan Persatuan
|
25.
Suka Tolong menolong
|
|
|
|
26.
Dapat bekerja sama
|
|
4
|
Mengenal tata cara
berakhlak/ berperilaku terhadap binatang dan alam
|
1.
Menyayangi ciptaan Allah
|
27.
Senang menyayangi
binatang
|
|
|
28.
Senang merawat tanaman
|
|
|
|
29.
Memelihara Lingkungan
|
|
5.
|
Menunjukkan sikap kedisiplinan
|
1.
Mentaati peraturan
|
30.
Terbiasa mengikuti tata
tertib dan aturan sekolah
|
|
|
31.
Mau menerima tugas dengan
ikhlas
|
|
|
2.
Tepat Waktu
|
32.
Tepat waktu saat
berangkat dan pulang sekolah
|
|
|
|
33.
Terbiasa berhenti bermain
pada waktunya
|
|
|
34.
Rapi dalam bertindak, dan
bekerja
|
||
6
|
Bertanggung jawab
|
|
35.
Tanggung jawab atas tugas
yang diberikan
|
|
|
36.
Terbiasa mengembalikan
mainan ke tempatnya
|
|
|
|
37.
Dapat membedakan milik
sendiri dan sekolah
|
|
7
|
Menunjukkan sikap
kemandirian
|
|
38.
Terbiasa mengambil makanan
secukupnya dan makan sendiri
|
|
|
39.
Berani karena benar dan
mempunyai rasa ingin tahu yang besar
|
|
|
|
40.
Terbiasa mengerjakan
keperluannya sendiri
|
|
8
|
Mengendalikan Perasaan
|
1.
Mengendalikan Perasaan
|
41.
Sabar menunggu giliran
|
|
|
42.
Dapat dibujuk
|
|
|
|
43.
Tidak cengeng
|
|
|
|
44.
Mengendalikan emosi
dengan cara yang wajar
|
|
9
|
Menunjukkan rasa percaya
diri
|
1.
Menunjukkan rasa percaya
diri
|
45.
Berani tampil didepan
umum
|
|
|
46.
Berani mempertahankan
pendapatnya
|
2.
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Capaian Perkembangan
|
Indikator
|
1.
Dapat mengenal 6
Aspek rukun iman
|
1.
Dapat mengenal
ALLAH, sifat-sifat-Nya dan ciptaan-Nya
|
1.
Menyebutkan
beberapa ciptaan ALLAH
2.
Menyebutkan
asmaul husna
|
2.
Dapat mengenal
malaikat dan tugas-tugasnya
|
3.
Menyebutkan
beberapa nama malaikat dan tugasnya
|
|
4.
Dapat mengenal
Nabi dan Rosul ALLAH
|
4.
Menyebutkan
beberapa nama Nabi dan Rosul ALLAH
5.
Menceritakan
kisah Nabi-nabi, keluarga, sahabat dan meneladaninya
|
|
5.
Dapat mengenal
kitab suci umat Islam, huruf-hurufnya dan cara membacanya
|
6.
Menyebutkan
Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam
7.
Menyebutkan
huruf hijaiyah
8.
Membaca
rangkaian huruf hijaiyah
9.
Iqro/qiroati
10. Menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al-qur’an
11. Menghafalkan beberapa hadits sederhana
|
|
2.
Dapat mengenal 5
aspek rukun Islam dan cara beramal sholeh
|
1.
Mampu
mengucapkan dua kalimat syahadat
|
12. Mengucapkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul serta
artinya
|
2.
Mengenal sholat
5 waktu dan mampu melakukan tata caranya
|
13. Mempraktekkan cara berwudhu dan tayamum
14. Melakukan tahapan-tahapan dalam gerakan sholat
15. Melafadzkan adzan dan iqomah
16. Melafadzkan beberapa bacaan dalam sholat
|
|
3.
Dapat mengenal
arti zakat dan shodaqoh
|
17. Menyebutkan arti zakat dan shodaqoh dan
mengamalkannya
|
|
4.
Mengenal arti
berpuasa dan berlatih melaksanakanya
|
18. Menyebutkan arti puasa
19. Berlatih puasa semampunya
|
|
5.
Mengenal sholat
ied dan berlatih melaksanakannya
|
20. Menyebutkan arti sholat ied dan mempraktekkan
|
|
6.
Mengenal tata
cara ibadah haji secara sederhana
|
21. Menyebutkan tata cara haji secara sederhana
|
|
7.
Mengenal tata
cara qurban
|
22. Menceritakan kisah asal usul qurban dan tata cara
melaksanakannya
|
|
8.
Mampu
menyebutkan dan menghafal do’a-do’a harian
|
23. Menghafalkan beberapa do’a harian
|
|
9.
Mampu
menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah
|
24. Menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah
|
3.
Bahasa (B)
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
Capaian
Perkembangan
|
Indikator
|
Menerima Bahasa
|
||
1.
Menyimak
perkataan orang lain
(bahasa ibu atau bahasa
lainnya)
|
Menyimak
perkatan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
|
1. Mendengarkan orang tua/teman berbicara
2.
Memusatkan
perhatian dalam jangka waktu tertentu
3.
Menirukan
kembali 3-4 urutan kata
|
2.
Mengerti dua
perintah yang diberikan bersamaan
|
Melakukan
dua perintah yang diberikan bersamaan
|
4.
Melakukan 2
perintah secara sederhana
5.
Melaksanakan 2-3
perintah secara bersama
|
3.
Memahami cerita
yang dibacakan
|
Memahami
cerita yang dibacakan
|
6.
Mendengarkan
cerita sederhana
7.
Menceritakan
kembali isi cerita secara sederhana
8.
Menyebutkan
tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
|
4.
Mengenal
perbendaharaan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb)
|
Mengenal
perbendaharaan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb)
|
9.
Menunjukkan
gambar yang berkaitan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
10.Menyebutkan sifat-sifat tokoh yang ada pada cerita yang didengarnya
|
Mengungkapkan Bahasa
|
||
5.
Mengulang
kalimat sederhana
|
Mengulang
kalimat sederhana
|
11. Menirukan kalimat yang disampaikan secara sderhana
12. Mengulang kembali kalimat sderhana
|
6.
Menjawab
pertanyaan sederhana
|
Menjawab
pertanyaan sderhana
|
13. Menjawab pertanyaan tentang informasi/kejadian secara
sederhana
14. Dapat menjawab pertanyaan apa,siapa, mengapa, dimana
dsb
|
7.
Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
|
Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
|
15. Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana
16. Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
17. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang
dibuat sendiri
18. Mengucapkan syair dengan ekspresi
19. Menyanyi lagu anak
|
8.
Menyebutkan
kata-kta yang dikenal
|
Menyebutkan
kata-kata yang dikenal
|
20.
Menyebutkan
kembali kata-kata yang baru didengar
21.
Menyebutkan
kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misalnya kaki-kali atau
suku kata akhir yang sama. Misalnya : nama-sama,dll
22.
Menyebutkan nama
benda yang diperlihatkan
23.
Membaca buku
cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku
dengan menunjukkan beberapa kata yang dikenal
|
9.
Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
|
Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
|
24.
Berani
mengungkapkan pendapatnya
25.
Mengutarakan
pendapat kepada orang alin
26.
Melakukan
percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa
27.
Memberikan
pendapat tentang suatu persoalan
28.
Melakukan
diskusi secara sederhana (tentang pergi rekreasi/tugas kelompok)
|
10.Menyatakan alas an terhadap sesuatu yang
diinginkan atau ketidaksetujuan
|
Menyatakan
alas an terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
|
29.
Berani
menyatakan alas an terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
|
11.Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah
didengar
|
Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
|
30.
Menceritakan
kembali isi cerita/dongeng yang pernahy didengar secara sedrhana
31.
Mengurutkan dan
menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)
|
Keaksaraan
|
||
12.Mengenal simbol-simbol
|
Mengenal
simbol-simbol
|
32. Menghubungkan gambar/benda dengan kata
33. Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana
dengan symbol yang melambangkanya
|
13.Mengenal suara-suara hewan/benda yang ada
disekitarnya
|
Mengenal
suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya
|
34. Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu
35. Menirukan berbagai bunyi suara tertentu
|
14.Membuat coretan yang bermakna
|
Membuat
coretan yang bermakna
|
36. Membuat berbagai macam coretan
37. Menceritakan isi gambar dengan beberapa
coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf
|
15.Meniru huruf
|
Meniru
huruf
|
38. Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita
mengenai gambar yang dibuatnya
39. Menjiplak huruf
40. Menebalkan huruf
41. Meniru huruf
42. Membuat huruf
|
4.
Kognitif (K)
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
Capaian
Perkembangan
|
Indikator
|
Pengetahuan Umum dan Sains
|
||
1.
Mengenal benda
berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
|
Mengenal benda
berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
|
1.
Memasangkan
benda sesuai pasangannya menurut fungsi
2.
Menyebutkan dan
menceritakan perbedaan dua buah benda
|
2.
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
|
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
|
3.
Bermain simbolik
dengan benda-benda di sekitar
|
4.
Mengenal gejala
sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
|
Mengenal gejala
sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
|
4.
Mengungkapkan
sebab akibat misalnya :mengapa sakit gigi?, mengapa kita lapar?dll
5.
Mengungkapkan
asal mula terjadinya sesuatu
|
5.
Mengenal konsep
sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb)
|
Mengenal konsep
sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb)
|
6. Menyatakan dan membedakan waktu (pagi, siang, malam)
7. Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu, bulan
dan tahun
8. Mengenal terjadinya hujan
9. Mengenal terjadinya banjir
|
6.
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri
|
Mengkreasikan sesuatu
sesuai dengan idenya sendiri
|
10. Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna
dicampur, proses pertumbuhan tanaman(biji-bijian, umbi-umbian,
batang-batangan), balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke
dalam air (terapung, melayang,tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan
(gravitasi), percobaan dengan magnet, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba
dan membedakan bermacam-macam rasa, baud an suara
|
Konsep bentuk, warna, ukuran dan
pola
|
||
7.
Mengkalisikasikan
benda berdasarkan bentuk, warna atau ukuran
|
1.
Mengklasifikasi
benda berdasarkan bentuk, warna, atau ukuran
|
11. Memasangkan benda sesuai pasangannya menurut fungsi
|
2.
Mengklarifikasi
benda berdasarkarkan cirri-ciri tertentu
|
12. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman
menurut cirri tertentu
|
|
3.
Mengklarifikasi benda
menurut jenisnya
|
13. Menujuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman
menurut jenisnya
|
|
8. Mengklasifikasikan benda ke dalam
kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok yang berpasangan
dengan dua versi
|
1.
Mengklarifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama
|
14. Menunjuk benda ke dalam kelompok yang sama
15. Mengelompokkan benda yang sama
|
2.
Mengklarifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sejenis
|
16. Menunjuk benda yang sejenis
17. Mengelompokkan benda yang sejenis
|
|
3.
Mengklarifikasikan
benda yang berpasang dengan dua versi
|
18. Mengelompokkan benda yang berpasangan dengan dua
versi
|
|
9.
Mengenal pola
AB-AB dan ABC-ABC
|
Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC
|
19.
Meniru pola
dengan menggunakan berbagai bentuk
20. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat
bentuk 2 pola yang berurutan, missal : merah, putih, merah, putih
|
10
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
|
Mengurutkan benda berdasarkan 5
|
21. Mengurutkan benda dari besar-kecil atau sebaliknya (5
seriasi)
22. Mengurutkan benda dari panjang-pendek atau sebaliknya
(5 seriasi)
23. Mengurutkan benda berdasarkan warna (5 seriasi)
24. Mengurutkan benda dari tebal-tipis atau sebaliknya (5
seriasi)
|
Konsep bilangan, lambang bilangan
dan huruf
|
||
11. Mengetahui konep banyak dan sedikit
|
Mengetahui konsep banyak dan sedikit
|
25. Mengenal kasar-halus, berat-ringan, pamjang-pendek,
jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama
26. Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang
tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
|
12. Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
|
Membilang banyak benda satu sampai
sepuluh
|
27.Membilang banyak benda dari 1 sampai 10
28.Membilang/menyebut urutan bilangan 1-10
|
13. Mengenal konsep bilangan
|
Mengenal konsep bilangan
|
29.Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan
benda-benda ) samapai 10
30.Menunjuk urutan benda untuk bilangan samapi 10
31.Membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda
|
14. Mengenal lambing bilangan
|
Mengenal lambing bilangan
|
32.Menunjuk lambing bilangan 1-10
33.Meniru lambing bilangan 1-10
34.Menghubungkan/memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai
10 (anak tidak disuruh menulis)
|
15. Mengenal lambang huruf
|
Mengenal lambang huruf
|
35.Menunjuk lambang huruf di lingkungan sekitar anak
36.Menghubungkan gambar/benda dengan lambang huruf
37.Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
|
5.
Fisik (F)
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
Capaian
Perkembangan
|
Indikator
|
Motorik Kasar
|
||
1.
Menirukan
gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang dsb
|
1.
Meniruka gerakan
binatang/ hewan
|
1.
Menirukan
gerakan binatang peliharaan, binatang yang dapat terbang
|
2.
Meniruka gerakan
pohon tertiup angin
|
2.
Menirukan
gerakan pohon sepoi-sepoi, pohon tertiup angin kencang, dll
|
|
3.
Menirukan
gerakan pesawat terbang, dll
|
3.
Menirukan
gerakan pesawat terbang (mau terbang, gerakan di udara dan gerakan mendarat.
Dll)
|
|
2.
Melakukan
gerakan menggantung (bergelayut)
|
Melakukan gerakan menggantung
(bergelayut)
|
4.
Memanjat,
bergantung dan berayun
5.
Bergelayut
|
3.
Melakukan
gerakan melompat, meloncat dan berlari secara terkoordinasi
|
1.
Melakukan
gerakan melompat
|
6.
Melompat dengan
dua kaki atau satu kaki dengan seimbang
7.
Melompat dengan
tali, dll
|
2.
Melakukan
gerakan melonat
|
8.
Meloncat dari
ketinggian 20-30 cm
9.
Meloncat dengan
rintangan
|
|
3.
Melakukan
gerakan berlari
|
10. Berlari di tempat
11. Berlari cepat
|
|
4.
Melakukan
gerakan melompat
|
12. Berlari sambil melompat
13. Berlari sambil meloncat
14. Melompat, meloncat dan berlari dengan rintangan
|
|
4.
Menangkap dan
melempar sesuatu secara terarah/tepat
|
Menangkap dan melempar sesuatu secara
terarah/tepat
|
15. Menangkap kantong biji, bola dll
16. Melambung dan menangkap kantong biji, bola dll
17. Melempar dengan berbagai media missal : bola, kertas,
balon ke tempat yang telah ditentukan
18. Memantulkan bola besar (diam di tempat)
19. Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak
|
5.
Melakukan
gerakan antisipasi
|
Melakukan gerakan antisipasi
|
20. Berjalan maju pada garis lurus
21. Berjalan di atas papan titian, berjalan berjinjit
22. Berjalan mundur ke samping pada garis lurus sejauh
1-2 meter
23. Melakukan gerakan menghindar dari hal-hal yang
berbahaya
|
6.
Menendang
sesuatu secara terarah
|
Menendang sesuatu secara terarah
|
24. Menendang sesuatu secara terarah
|
7.
Memanfaatkan
alat permainan di luar kelas
|
Memanfaatkan alat permainan di luar
kelas
|
25. Bermain dengan alat permainan di luar, missal ayunan,
jungkitan, perosotan dll)
26. Bermain dengan simpai (bebas, melompat dalam simpai,
merangkak dalam terowongan dari simpai, dll)
27. Naik sepeda roda dua (belum seimbang)
28. Naik turun tangga 2-5 anak tangga
|
Motorik Halus
|
||
8.
Membuat garis
vertical, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan dan lingkaran
|
1.
Membuat garis
vertical,horizontal, miring kiri/kanan
2.
Membuat garis
lengkung kiri/kanan dan lingkaran
|
29. Meniru membuat garis tegak, datar, miring kiri/kanan
30. Membuat segi empat
|
9.
Menjiplak bentuk
|
Menjiplak bentuk
|
31. Menjiplak bentuk geometri
32. Menjiplah bentuk binatang
33. Menjiplak bentuk benda-benda di sekitar
|
10. Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan
gerakan yang rumit
|
Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk
melakukan gerakan yang rumit
|
34. Meniru melipat kertas sederhana (5-6 lipatan)
35. Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali
36. Meronce dengan manic-manik
37. Menganyam dengan kertas
38. Mencocok dengan pola buatan guru
39. Menggunting bebas
40. Merobek kertas
|
11. Melakukan gerakan manipulative untuk menghasilkan
sesuatu dengan menggunakan berbagai media
|
Melakukan gerakan manipulative untuk
menghasilkan sesuatu dengan menggunakan berbagai media
|
41. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan
playdought/tanah liat
42. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan leggo
|
12. Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan
berbagai media
|
1.
Menciptakan
sesuatu dengan berbagai media
|
43. Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus
44. Menciptakan 2 bentuk bangunan dari balok
45. Menciptakan 2 bentuk dari kepingan geometri
46. Mencipta alat perkusi sederhana
47. Melukis dengan jari (finger painting)
|
2.
Mengekspresikan
diri dengan menyanyi dan memainkan alat musik
|
48. Menyanyi 15 lagu anak-anak
49. Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana
|
|
3.
Mengekspresikan
diri dalam bentuk gerakan sederhana
|
50. Menggerakkan kepala, tangan atau kaki sesuai irama
music/ritmik
51. Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama music
52. Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai irama music
53. Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi
|
|
Kesehatan Fisik
|
||
13. Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
|
Memiliki kesesuaian
antara usia dengan berat badan
|
54. Mengukur berat badan
|
14. Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
|
Memiliki kesesuaian
antara usia dengan tinggi badan
|
55. Mengukur tinggi badan
|
15. Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
|
Memiliki kesesuaian
antara usia dengan tinggi badan
|
56. Pemeriksaan UKS dan mengukur lingkar kepala
57. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang
|
PENGEMBANGAN INDIKATOR
KELOMPOK B
Usia 5-6 tahun
1. AKHLAQUL KARIMAH, SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN (ASK)
|
|||
No.
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
|
CAPAIAN PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mengenal tata cara
berakhlakul kepada Allah
|
1.
Sikap dalam berdoa
|
1. Terbiasa membaca doa sebelum kegiatan
|
2.
Terbiasa membaca doa sesudah kegiatan
|
|||
|
3. Berlatih khusyu dalam berdoa
|
||
|
|
4.
Adab mendengar adzan dan
iqomah
|
|
|
5.
Terbiasa menjawab adzan
|
||
|
6.
Bersyukur atas kelebihan
dan prestasi yang dicapai
|
||
2
|
Memiliki Akhlaq yang baik
dalam diri sendiri
|
1.
Prilaku baik dan sopan
dalam berbicara
|
7.
Berbicara yang baik dan
sopan dengan sesama teman
|
|
|
8.
Berbicara yang baik dan
sopan dengan orang dewasa
|
|
|
|
9.
Mudah meminta maaf dan
mau memaafkan
|
|
|
2.
Prilaku baik dan sopan
dalam berpakaian
|
10. Berpakaian yang rapi di rumah
|
|
|
11.
Berpakaian yang rapi
disekolah
|
||
|
|
12.
Mudah bergaul/berteman
|
|
|
3.
Prilaku yang baik dan
sopan dalam bertingkah laku
|
13.
Tidak mengganggu teman
|
|
|
|
14.
Mudah bergaul/berteman
|
|
|
15.
Selalu bersikap ramah
|
||
|
16.
Senang bersikap jujur
|
||
4.
Membedakan Prilaku baik dan buruk
|
17.
Membedakan mana yang
benar dan salah pada suatu persoalan
|
||
18.
Menunjukkan
perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah
|
|||
19.
Menyebutkan perbuatan-perbuatan
yang baik dan yang buruk
|
|||
3
|
Mengenal tata cara
berakhlak/ berperilaku terhadap sesame
|
1.
Mulai berprilaku saling
hormat menghormati
|
20.
Berlatih hormat kepada
orang tua, guru, teman atau orang
dewasa lainnya
|
|
21.
Mau mengalah
|
||
|
22.
Terbiasa mengucapkan
salam
|
||
|
23.
Terbiasa menjawab salam
|
||
|
24.
Terbiasa mengucapkan
terima kasih
|
||
|
25.
Meminta tolong dengan
baik
|
||
|
2.
Memiliki toleransi
terhadap sesama
|
26.
Memilki toleransi
terhadap sesama
|
|
27.
Memiliki rasa dermawan
|
|||
3.
Timbulnya sikap
kerjasama dan Persatuan
|
28.
Suka Tolong menolong
|
||
|
29.
bekerja sama
|
||
4.
Bersifat kooperatif
dengan teman
|
30.
melaksanakan tugas
kelompok
|
||
31.
Mau bermain dengan teman
|
|||
5.
Menghargai keunggulan
orang lain
|
32.
Dapat memuji teman
|
||
33.
Menghargai hasil karya
teman/oranglain
|
|||
4
|
Mengenal tata cara
berakhlak/ berperilaku terhadap binatang dan alam
|
1.
Menyayangi ciptaan Allah
|
34.
Senang menyayangi
binatang
|
|
|
35.
Senang merawat tanaman
|
|
|
|
36.
Memelihara Lingkungan
|
|
5.
|
Menunjukkan sikap kedisiplinan
|
1.
Mentaati peraturan
|
37.
Terbiasa mengikuti tata tertib
dan aturan sekolah
|
|
|
38.
Mau menerima tugas dengan
ikhlas
|
|
|
|
39.
Tepat waktu saat
berangkat dan pulang sekolah
|
|
|
|
40.
Terbiasa berhenti bermain
pada waktunya
|
|
|
41.
Rapi dalam bertindak, dan
bekerja
|
||
6
|
Bertanggung jawab
|
|
42.
Tanggung jawab atas tugas
yang diberikan
|
|
|
43.
Terbiasa mengembalikan
mainan ke tempatnya
|
|
|
|
44.
Dapat membedakan milik
sendiri dan sekolah
|
|
7
|
Menunjukkan sikap
kemandirian
|
|
45.
Terbiasa mengambil
makanan secukupnya dan makan sendiri
|
|
|
46.
Berani karena benar dan
mempunyai rasa ingin tahu yang besar
|
|
|
|
47.
Terbiasa mengerjakan
keperluannya sendiri
|
|
8
|
Mengendalikan Perasaan
|
1.
Mengendalikan Perasaan
|
48.
Sabar menunggu giliran
|
|
|
49.
Dapat dibujuk
|
|
|
50.
Tidak cengeng
|
||
|
51.
Mengendalikan emosi
dengan cara yang wajar
|
||
2.
Mengeksperesikan emosi
yang sesuai dengan kondisi yang ada
|
52.
Senang ketika mendapatkan
sesuatu
|
||
53.
Antusias ketika melakukan
kegiatan yang diinginkan
|
|||
3.
Menunjukkan rasa empati
|
54.
Menghibur teman yang
sedih
|
||
55.
Mendo’akan teman yang
sakit
|
|||
9
|
Menunjukkan rasa percaya
diri
|
1.
Menunjukkan rasa percaya
diri
|
56.
Berani tampil didepan
umum
|
57.
Berani mempertahankan
pendapatnya
|
|||
2.
Memiliki sikap gigih
(tidak mudah menyerah)
|
58.
Dapat menerima kritik
|
||
59.
Berani bertanya dan
menjawab pertanyaan
|
|||
3.
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Capaian Perkembangan
|
Indikator
|
1. Dapat mengenal 6 Aspek rukun iman
|
1. Dapat mengenal ALLAH, sifat-sifat-Nya dan ciptaan-Nya
|
1. Menyebutkan beberapa ciptaan ALLAH
2. Menyebutkan asmaul husna
|
3.
Dapat mengenal
malaikat dan tugas-tugasnya
|
3. Menyebutkan 10 malaikat
dan tugasnya
|
|
4.
Dapat mengenal
Nabi dan Rosul ALLAH
|
4. Menyebutkan beberapa nama Nabi dan Rosul ALLAH
5. Menyebutkan tugas dan
sifat para Nabi dan Rosul ALLAH
6. Menceritakan kisah Nabi-nabi, keluarga, sahabat dan
meneladaninya
7. Menceritakan secara
singkat kisah nabi yang tergolong ulul azmi
|
|
5.
Dapat mengenal
kitab suci umat Islam, huruf-hurufnya dan cara membacanya
|
8. Menyebutkan Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dan menceritakan
sejarah turunya secara sederhana
9.
Menyebutkan
huruf hijaiyah
10.
Membaca
rangkaian huruf hijaiyah
11.Iqro/qiroati
12.Menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al-qur’an
13.Menghafalkan beberapa hadits sederhana
|
|
2.
Dapat mengenal 5
aspek rukun Islam dan cara beramal sholeh
|
1.
Mampu
mengucapkan dua kalimat syahadat
|
14.
Mengucapkan syahadat
Tauhid dan syahadat Rosul serta artinya
|
2.
Mengenal sholat
5 waktu dan mampu melakukan tata caranya
|
15.
Mempraktekkan
cara berwudhu dan tayamum
16.Melakukan tahapan-tahapan dalam gerakan sholat
17.Melafadzkan adzan dan iqomah
18.Melafadzkan beberapa bacaan dalam sholat
|
|
3.
Dapat mengenal
arti zakat dan shodaqoh
|
19. Menyebutkan arti zakat dan shodaqoh dan
mengamalkannya
|
|
4.
Mengenal arti
berpuasa dan berlatih melaksanakanya
|
20.Menyebutkan arti puasa
21.Berlatih puasa semampunya
22.Melakukan ibadah pada bulan
Ramadhan misalnya sahur, sholat taraweh
|
|
5.
Mengenal sholat
ied dan berlatih melaksanakannya
|
23. Menyebutkan arti sholat ied dan mempraktekkan
|
|
6.
Mengenal tata
cara ibadah haji secara sederhana
|
24. Menyebutkan tata cara haji secara sederhana
|
|
7.
Mengenal tata
cara qurban
|
25. Menceritakan kisah asal usul qurban dan tata cara
melaksanakannya
|
|
8.
Mampu
menyebutkan dan menghafal do’a-do’a harian
|
26. Menghafalkan beberapa do’a harian
|
|
9.
Mampu
menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah
|
27. Menyebutkan macam-macam
kalimat toyyibah
28. Menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah
|
3. Bahasa (B)
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Capaian Perkembangan
|
Indikator
|
Menerima Bahasa
|
||
1. Mengerti beberapa
perintah secara bersamaan
|
Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
|
1.
Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar
2.
Meniru kembali 4-5 urutan kata
|
2. Mengulang kalimat yang
lebih kompleks
|
Mengulang kalimat yang lebih kompleks
|
3. Menirukan kalimat
sederhana
4. Mengulang kalimat yang
telah didengarkan
|
3. Memahami aturan dalam
suatu permainan
|
Memahami aturan dalam suatu permainan
|
5. Menaati aturan permainan
|
Mengungkapkan Bahasa
|
||
4. Menjawab pertanyaan yang
lebih komplek
|
Menjawab pertanyaan yang lebih komplek
|
6. Menjawab pertanyaan
tentang keterangan/informasi
7. Menggunakan dan dapat
menjawab pertanyaan apa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana dsb
|
5. Menyebutkan kelompok
gambar yang memiliki bunyi yang sama
|
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
|
8. Menyebutkan berbagai
bunyi/suara tertentu
9. Mengelompokkan
macam-macam gambar yang mempunyai bunyi yang sama
|
6. Berkomunikasi secara
lisan,memiliki perbendaharaan kata,serta mengenal simbol-simbol untuk
persiapan membaca
|
Berkomunikasi secara lisan,memiliki perbendaharaan kata,serta mengenal
simbol-simbol untuk persiapan membaca
|
10. Berani bertanya secar
sederhana
11. Membedakan kata-kata
yang mempunyai suku kata awal yang sama (misal :kaki-kali) dan suku kata
akhir yang sama (misal:sama-sama) dll
12. Menghubungkan dan
menyebutkan tulisan sederhana dan simbol yang melambangkannya
13. Mengelompokkan kata-kata
yang sejenis
14. Bercerita tentang gambar
yang disediakan atau dibuat sendiri
15. Menyanyikan lebih dari
20 lagu anak-anak
|
7. Menyusun kalimat
sederhana dalam struktur lengkap
|
Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
|
16. Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana
17. Memberikan
keterangan/informasi tentang suatu hal
18. Bercerita menggunakan
kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka
19. Membuat sajak sederhana
|
8. Memiliki lebih banyak
kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
|
Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
|
20. Melengkapi kalimat
sederhana yang sudah dimulai dengan guru. Misalnya :kemarin ibu pergi ke....
21. Mau mengungkapkan
pendapat secara sederhana
|
9. Melanjutkan sebagian
cerita dongeng yang telah diperdengarkan
|
Melanjutkan sebagian cerita dongeng yang telah diperdengarkan
|
22. Bercerita tentang gambar
yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
23. Mendengarkan dan
menceritakan kembali isi cerita secara urut
24. Melanjutkan
cerita/dongeng yang telah didengar sebelumnya
|
Keaksaraan
|
||
10. Menyebutkan
simbol-simbol huruf yang dikenal
|
Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
|
25. Menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang
dikenal di lingkungan sekitar
26. Membuat gambar dan
coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuat sendiri
|
11. Mengenal suara huruf
awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
|
Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
|
27. Menyebutkan nama-nama
benda yang suara huruf awalnya sama
|
12. Menyebutkan kelompok
gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
|
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
|
28. Menyebutkan kata-kata
yang mempunyai huruf awal yang sama, misal : bola, buku, baju dll
29. Menghubungkan
gambar/benda dengan kata
|
13. Memahami hubungana antara bunyi dan bentuk huruf
|
Memahami hubungan antara bunyi dan
bentuk huruf
|
30. Membaca gambar yang
memiliki kata/kalimat sederhana
31. Menceritakan isi buku
walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan
32. Menghubungkan tulisan
sederhana dengan simbol yang melambangkannya
33. Membaca buku cerita
bergambar yang memiliki kalimat sederhana dengan menunjuk beberapa kata yang
dikenalinya
34. Mengucapkan syair lagu
sambil dirinya senandung lagunya
|
14. Membaca nama sendiri
|
Membaca nama sendiri
|
35. Membaca nama sendiri dengan
lengkap
|
15. Menuliskan nama sendiri
|
Menuliskan nama sendirir
|
36. Menuliskan nama sendiri
dengan lengkap
|
Kognitif (K)
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Capaian Perkembangan
|
Indikator
|
Pengetahuan Umum dan Sains
|
||
1. Mengklarifikasikan benda
berdasarkan fungsi
|
Mengklarifikasikan benda berdasarkan fungsi
|
1.
Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda
berdasarkan fungsi
2.
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut
fungsinya, Misal : peralatan makan, peralatan mandi, peralatan kebersihan dll
3.
Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
|
2.
Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan
menyelidik (seperti : apa yang terjadi ketika air di tumpahkan)
|
Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti :
apa yang terjadi ketika air di tumpahkan)
|
4. Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna
dicampur, proses pertumbuhan tanaman(biji-bijian, umbi-umbian,
batang-batangan), balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke
dalam air (terapung, melayang,tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan
(gravitasi), percobaan dengan magnet, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba
dan membedakan bermacam-macam rasa, bau d an suara
|
3.
Menyusun perencanaan kegiatan yang akan digunakan
|
Menyusun perencanaan kegiatan yang akan digunakan
|
5.
Membuat perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
|
4.
Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak,
air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
|
Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak,
air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
|
6. Mengungkapkan
sebab-akibat, misal : mengapa sakit gigi ?, mengapa kita lapar?
7. Mengungkapkan asal mula
terjadinya sesuatu
|
5. Menunjukkan inisiatif
dalam memilih tema permainan (seperti ayo kita bermain pura-pura seperti
burung)
|
Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti ayo kita
bermain pura-pura seperti burung)
|
8. Mengajak teman untuk
bermain
9. Bermain peran
10.Mengekspresikan gerakan
sesuai dengan syair lagu atau cerita
11.Mengekspresikan gerakan
dengan iringan musik/lagu
|
6.
Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
|
Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
12. Mengerjakan “Maze”
(mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
13. Menyusun kepingan puzzle
menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)
14. Menunjukkan kejanggalan
suatu gambar
15. Mampu mengambil
keputusan secara sederhana
|
Konsep bentuk, warna, ukuran dan
pola
|
|
|
7. Mengenal perbedaan
berdasarkan ukuran : “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling/ter”
|
Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : “lebih dari”, “kurang dari”, dan
“paling/ter”
|
16. Membedakan dan membuat 2
kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih
sedikit
17. Mengenal perbedaan
kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit,
sama-tidak sama, tebal-tipis, gemuk-kurus, tinggi-rendah dsb
18. Mengukur panjang dengan
langkah, jengkal, lidi, ranting, meteran dll
19. Membedakan berat benda
dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
20. Mengisis dan menyebutkan
isi wadah satu gelas, satu botol dll dengan air, pasir, biji-bijian, beras dll
|
8. Mengkalrifikasikan benda
berdasarkan warna,bentuk dan ukuran (3 variasi)
|
Mengkalrifikasikan benda berdasarkan warna,bentuk dan ukuran (3 variasi)
|
21. Menunjuk dan mencari
sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk,
ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
22. Mengelompokkan benda 3
dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometri (lingkaran,
segitiga, segiempat)
23. Mengelompokkan benda
dengan berbagai cara menurut warna, bentuk dan ukuran
|
9. Mengkalisifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam
kelompok yang sejenis atau kelompok berpasangan yang lebiih dari 2 variasi
|
Mengkalisifikasikan benda yang lebih
banyak ke dalam kelompok yang sejenis atau kelompok berpasangan yang
lebiih dari 2 variasi
|
24. Memasangkan benda sesuai
dengan pasanganya, jenisnya, persamanya, warnanya, bentuknya dll
25. Memasangkan bentuk
geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran
bola,segiempat-balok)
26. Menunjuk, mengelompokkan
benda yang jumlah sama-tidak, tidak sama, lebih banyak-lebih sedikit, dari 2
kumpulan benda
|
10. Mengenal pola ABCD-ABCD
|
Mengenal pola ABCD-ABCD
|
27. Memperkirakan urutan
berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan, misal
:merah, putih, biru, merah, putih, biru,....../ABCD-ABCD
28. Meniru pola dengan
menggunakan berbagai benda
29. Meniru pola dengan
menggunakan 4-8 kubus
|
11. Mengurutkan benda
berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar
atau sebaliknya
|
30. Menyusun benda dari
besar-kecil atau sebaliknya
31. Menyusun benda dari
panjang-pendek atau sebaliknya
32. Menyusun benda dari
tinggi rendah atau sebaliknya
|
Konsep bilangan, Lambang
bilangan huruf
|
|
|
12. Menyebutkan lambang
bilangan 1 sampai 10
|
Menyebutkan lambang bilangan 1 sampai 10
|
33. Membilang/menyebut
urutan bilangan dari 1 samapai 10
34. Membilang (mengenal
konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 20
35. Menunjuk lambang
bilangan 1-10
36. Membuat urutan bilangan
1-20 dengan benda-benda
37. Meniru lambang bilangan
1-10
|
13. Mencocok bilangan dengan
lambang bilangfan
|
Mencocok bilangan dengan lambang bilangfan
|
38. Menghubungkan/Memasangkan
lambang bilangan dengan benda sampai 20
39. Mencocok bilangan dengan
lambang bilangan
|
14. Mengenal berbagai macam
lambang,huruf vokal dan konsonan
|
Mengenal berbagai macam lambang,huruf vokal dan konsonan
|
40. Pengenalan huruf vokal
dan konsonan
41. Mengenal lambang
bilangan, huruf vokal dan konsonan
|
Fisik (F)
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Capaian Perkembangan
|
Indikator
|
Motorik Kasar
|
||
1. Menirukan gerakan tubuh
secara koordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan
|
Menggerakkan
badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, kelincahan, keseimbangan
dan melatih keberanian
|
1. Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas
papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa
beban
2. Berjalan mundur,berjalankesamping pada garis
lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban
3.
Meloncat dari ketinggian 30-5- cm
4.
Memanjat, bergantung dan berayun
5.
Berdiri dengan tumit diatas satu kaki dengan seimbang
6.
Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
7.
Merayap dan merangkak dengan berbgai variasi
8.
Bermain simpai
9.
Naik sepeda roda 2, otopet, egrang dll
|
2. Melakukan koordinasi
gerakan kaki-tangan-kepala dalam melakukan tarian/senam
|
Melakukan
koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam melakukan tarian/senam
|
10. Mengekspresikan berbagai
gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik dengan lentur
11.Gerakan bebas dengan
irama musik
12.Senam fantasi bentuk
meniru misalnya : menirukan berbagai gerakan hewan, gerakan tanaman yang
terkena angin (sepoi-sepoi, angin kencang, dan kencang sekali) dengan lincah
13.Mengekspresikan diri
dalam gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah
14.Menari/senam menurut
musik yang didengar
|
3. Melakukan permainan
fisik dengan teratur
|
Melakukan
permainan fisik dengan teratur
|
15. Menendang bola ke depan
dan ke belakang (bermain bola)
16. Melakukan permainan
fisik, misal petak umpet, tikus dan kucing dll
|
4. Terampil menggunakan
tangan kanan dan kiri
|
Menggerakkan
lengan untuk kelenturan kekuatan otot dan koordinasi
|
17. Memantulkan bola besar,
bola sedang dan bola kecil (dian ditempat)
18. Melambungkan dan
menangkap bola/kantong biji sambil berjalan /bergerak
19. Memantulkan bola besar,
bola sedang dan bola kecil dengan memutar badan, menganyunkan lengan dan
melangkah
|
5. Melakukan kegiatan
kebersihan diri
|
Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
20. Mengurus dirinya tanpa
bantuan, misal makan,mandi, menyisir, memasang kancing, mecuci, dan melap
tangan, mengikat sepatu
21. Membersihkan diri
sendiri tanpa bantuan orang lain, misal menggosok gigi, mmandi, buang air
22. Membersikan peralatan
makan setelah digunakan
23. Membuang sampah pada
tempatnya
|
Motorik Halus
|
||
6. Menggambar sesuai dengan
gagasannya
|
Menggambar
sesuai dengan gagasanya
|
24. Memngambar bebas dengan
berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, spidol dan
bahan-bahan alam) dengan rapi
25. Menggambar bebas dari
bentuk dasar titik garis, lingkaran, segitiga,segiempat
26. Menggambar orangg dengan
lengkap dan proporsional
27. Mencetak dengan berbagai
media (jari,kuas,pelepah pisang, daun,bulu ayam) dengan lebih rapi
|
7. Meniru bentuk
|
Meniru
bentukj
|
28. Meniru bentuk garis
tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
29. Meniru lipatan kertas
sederhana (1-7 lipatan)
30. Mencocok bentuk
31. Membuat lingkaran,
segitiga dan bujur sangkar dengan rapi
32. Meronce 2 pola dengan
berbagai media (manik-manik sedotan, kertas, daun dll)
33. Menganyam dengan
berbagai media, misalnya: kain perca, daun, sedotan, kertas dll
|
8. Melakukan eksplorasi
dengan berbagai media
|
Menciptakan
sesuatu dengan berbagai media
|
34. Membuat berbagai bentuk
dari daun, kertas dan kain perca, kardus dll
35. Menciptakann bentuk dari
balok
36. Menciptakan bentuk dari
kepingan geometri
37. Menciptakan berbagai
bentuk yang menggunakan playdought/tanah liat/pasir dll
38. Permainan warna dengan
berbagai media
39. Membuat berbagai bunyi
dengan berbagai alat mebentuk irama
40. Menciptakan alat perkusi
sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
|
Bereksplorasi
dengan berbagai media
|
41. Membuat berbagai bunyi
dengan berbagai alat membentu irama
42. Permainan warna dengan
berbagai media mia\sal :krayon, cat air dll
43. Menyusun menara minimal
12 kubus
44. Membuat mainan dengan
teknik melipat, menggunting dan menempel
|
|
9. Menggunakan alat tulis
dengan benar
|
Menggunakan
alat tulis dengan benar
|
45. Memegang pensil dengan
benar (antara ibu jari dan 2 jari0
46. Membuat berbagai macam
coretan
|
10.Menggunting
sesuai pola
|
Menggunting
sesuai pola
|
47. Menggunting dengan
berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, gelombang, zig-zag,
lingkaran, segitiga dan segiempat)
|
11.Menempel
gambar dengan tepat
|
Menempel
gambar dengan tepat
|
48.Membuat gambar dengan
teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa,
biji-bijian, kain perca dan batu-batuan dll)
49.Membuat gambar dengan
teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk/bahan (segiempat, segitiga,
lingkaran)
|
12.Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara detail
|
.Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara detail
|
50.Mewarnai bentuk gambar
sederhana
51.Mewarnai benda tiga
dimensi dengan berbagai media
52.Membatik dan jumputan
53.Melukis dengan jari
(finger painting)
54.Melukis dengan berbagai
media (kuas, bulu ayam,daun-daunan dan pelepah pesang)
|
Kesehatan Fisik
|
||
13
Memiliki
kesesuaian antara usia dengan berat badan
|
Memiliki kesesuaian
antara usia dengan berat badan
|
55. Mengukur berat badan dengan rumus (BB/U)
|
14
Memiliki
kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
|
Memiliki kesesuaian
antara usia dengan tinggi badan
|
56. Mengukur tinggi badan pemeriksaan UKS dengan mengukur
lingkar kepala
|
15
Memiliki kesesuaian
antara usia dengan tinggi badan
|
Memiliki kesesuaian
antara usia dengan tinggi badan
|
57. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang
|
0 comments :
Post a Comment