Friday, November 14, 2014

Pengembangan Indikator A dan B RA

  PENGEMBANGAN INDIKATOR

KELOMPOK A
Usia 4-5 tahun


1. AKHLAQUL KARIMAH, SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN (ASK)
No.
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
CAPAIAN PERKEMBANGAN
INDIKATOR
1.

Mengenal tata cara berakhlakul kepada Allah
1.     Sikap dalam berdoa
1.     Terbiasa membaca doa sebelum kegiatan
2.     Terbiasa membaca doa  sesudah kegiatan

3.    Berlatih khusyu dalam berdoa


4.    Adab mendengar adzan dan iqomah

5.    Terbiasa menjawab adzan

6.     Bersyukur atas kelebihan dan prestasi yang dicapai
2

Memiliki Akhlaq yang baik dalam diri sendiri
1.     Prilaku baik dan sopan dalam berbicara
7.    Berbicara yang baik dan sopan dengan sesama teman


8.     Berbicara yang baik dan sopan  dengan orang dewasa


9.     Mudah meminta maaf dan mau memaafkan

2.     Prilaku baik dan sopan dalam berpakaian
10.  Berpakaian yang rapi di rumah

11.  Berpakaian yang rapi disekolah

12.  Berpakaian yang rapi di sesuaikan dengan keperluan

3.     Prilaku yang baik dan sopan dalam bertingkah laku
13.  Tidak mengganggu teman


14.  Mudah bergaul/berteman


15.  selalu bersikap ramah


16.  Senang bersikap jujur
3


Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap sesama
1.     Mulai berprilaku saling hormat menghormati
17. Berlatih hormat kepada orang tua, guru, teman  atau orang dewasa lainnya

18.  Mau mengalah

19.  Terbiasa mengucapkan salam

20.  Terbiasa menjawab salam

21.  Terbiasa mengucapkan terima kasih

22.  Meminta tolong dengan baik

2.     Memiliki toleransi terhadap sesama
23.  Memilki toleransi terhadap sesama

24.  Memiliki rasa dermawan

3.     Timbulnya sikap kerjasama  dan Persatuan
25.  Suka Tolong menolong


26.  Dapat bekerja sama
4
Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap binatang dan alam
1.     Menyayangi ciptaan Allah
27.  Senang menyayangi binatang 


28.  Senang merawat tanaman


29.  Memelihara Lingkungan
5.
 Menunjukkan sikap kedisiplinan
1.     Mentaati peraturan
30.  Terbiasa mengikuti tata tertib dan aturan sekolah


31.  Mau menerima tugas dengan ikhlas

2.        Tepat Waktu 
32.  Tepat waktu saat berangkat dan pulang sekolah


33.  Terbiasa berhenti bermain pada waktunya

34.  Rapi dalam bertindak, dan bekerja
6

Bertanggung jawab

35.  Tanggung jawab atas tugas yang diberikan


36.  Terbiasa mengembalikan mainan ke tempatnya


37.  Dapat membedakan milik sendiri dan sekolah
7

Menunjukkan sikap kemandirian

38.  Terbiasa mengambil makanan secukupnya dan makan sendiri


39.  Berani karena benar dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar


40.  Terbiasa mengerjakan keperluannya sendiri
8
Mengendalikan Perasaan
1.        Mengendalikan Perasaan
41.  Sabar menunggu giliran


42.  Dapat dibujuk


43.  Tidak cengeng


44.  Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
9
Menunjukkan rasa percaya diri
1.        Menunjukkan rasa percaya diri
45.  Berani tampil didepan umum


46.  Berani mempertahankan pendapatnya

2.          Pendidikan Agama Islam (PAI)

Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator
1.     Dapat mengenal 6 Aspek rukun iman
1.   Dapat mengenal ALLAH, sifat-sifat-Nya dan ciptaan-Nya
1.     Menyebutkan beberapa ciptaan ALLAH
2.     Menyebutkan asmaul husna
2.   Dapat mengenal malaikat dan tugas-tugasnya
3.     Menyebutkan beberapa nama malaikat dan tugasnya
4.   Dapat mengenal Nabi dan Rosul ALLAH
4.     Menyebutkan beberapa nama Nabi dan Rosul ALLAH
5.     Menceritakan kisah Nabi-nabi, keluarga, sahabat dan meneladaninya
5.   Dapat mengenal kitab suci umat Islam, huruf-hurufnya dan cara membacanya
6.   Menyebutkan Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam
7.   Menyebutkan huruf hijaiyah
8.   Membaca rangkaian huruf hijaiyah
9.   Iqro/qiroati
10.  Menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al-qur’an
11.  Menghafalkan beberapa hadits sederhana



2.     Dapat mengenal 5 aspek rukun Islam dan cara beramal sholeh
1.   Mampu mengucapkan dua kalimat syahadat
12.  Mengucapkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul serta artinya
2.   Mengenal sholat 5 waktu dan mampu melakukan tata caranya
13.  Mempraktekkan cara berwudhu dan tayamum
14.  Melakukan tahapan-tahapan dalam gerakan sholat
15.  Melafadzkan adzan dan iqomah
16.  Melafadzkan beberapa bacaan dalam sholat
3.   Dapat mengenal arti zakat dan shodaqoh
17.  Menyebutkan arti zakat dan shodaqoh dan mengamalkannya
4.   Mengenal arti berpuasa dan berlatih melaksanakanya
18.  Menyebutkan arti puasa
19.  Berlatih puasa semampunya
5.   Mengenal sholat ied dan berlatih melaksanakannya
20.  Menyebutkan arti sholat ied dan mempraktekkan
6.   Mengenal tata cara ibadah haji secara sederhana
21.  Menyebutkan tata cara haji secara sederhana
7.   Mengenal tata cara qurban
22.  Menceritakan kisah asal usul qurban dan tata cara melaksanakannya
8.   Mampu menyebutkan dan menghafal do’a-do’a harian
23.  Menghafalkan beberapa do’a harian
9.   Mampu menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah
24.  Menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah

3.       Bahasa (B)

Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator

Menerima Bahasa
1.     Menyimak perkataan orang lain
(bahasa ibu atau bahasa lainnya)
Menyimak perkatan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
1.  Mendengarkan orang tua/teman berbicara
2.   Memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu
3.   Menirukan kembali 3-4 urutan kata
2.     Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
Melakukan dua perintah yang diberikan bersamaan
4.   Melakukan 2 perintah secara sederhana
5.   Melaksanakan 2-3 perintah secara bersama
3.     Memahami cerita yang dibacakan
Memahami cerita yang dibacakan
6.   Mendengarkan cerita sederhana
7.   Menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
8.   Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
4.     Mengenal perbendaharaan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb)
Mengenal perbendaharaan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb)
9.   Menunjukkan gambar yang berkaitan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
10.Menyebutkan sifat-sifat tokoh yang ada pada cerita yang didengarnya
Mengungkapkan Bahasa
5.   Mengulang kalimat sederhana
Mengulang kalimat sederhana
11.  Menirukan kalimat yang disampaikan secara sderhana
12.  Mengulang kembali kalimat sderhana
6.   Menjawab pertanyaan sederhana
Menjawab pertanyaan sderhana
13.  Menjawab pertanyaan tentang informasi/kejadian secara sederhana
14.  Dapat menjawab pertanyaan apa,siapa, mengapa, dimana dsb
7.   Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
15.  Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana
16.  Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
17.  Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
18.  Mengucapkan syair dengan ekspresi
19.  Menyanyi lagu anak
8.   Menyebutkan kata-kta yang dikenal
Menyebutkan kata-kata yang dikenal
20.   Menyebutkan kembali kata-kata yang baru didengar
21.   Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misalnya kaki-kali atau suku kata akhir yang sama. Misalnya : nama-sama,dll
22.   Menyebutkan nama benda yang diperlihatkan
23.   Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjukkan beberapa kata yang dikenal
9.   Mengutarakan pendapat kepada orang lain
Mengutarakan pendapat kepada orang lain
24.   Berani mengungkapkan pendapatnya
25.   Mengutarakan pendapat kepada orang alin
26.   Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa
27.   Memberikan pendapat tentang suatu persoalan
28.   Melakukan diskusi secara sederhana (tentang pergi rekreasi/tugas kelompok)

10.Menyatakan alas an terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
Menyatakan alas an terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
29.     Berani menyatakan alas an terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
11.Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
30.     Menceritakan kembali isi cerita/dongeng yang pernahy didengar secara sedrhana
31.     Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)
Keaksaraan
12.Mengenal simbol-simbol
Mengenal simbol-simbol
32.  Menghubungkan gambar/benda dengan kata
33.  Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkanya
13.Mengenal suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya
Mengenal suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya
34.  Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu
35.  Menirukan berbagai bunyi suara tertentu
14.Membuat coretan yang bermakna
Membuat coretan yang bermakna
36.  Membuat berbagai macam coretan
37.  Menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf
15.Meniru huruf
Meniru huruf
38.  Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya
39.  Menjiplak huruf
40.  Menebalkan huruf
41.  Meniru huruf
42.  Membuat huruf

4.       Kognitif (K)

Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator
Pengetahuan Umum dan Sains
1.     Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
1.     Memasangkan benda sesuai pasangannya menurut fungsi
2.     Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
2.     Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.     Bermain simbolik dengan benda-benda di sekitar
4.     Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
4.     Mengungkapkan sebab akibat misalnya :mengapa sakit gigi?, mengapa kita lapar?dll
5.     Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
5.     Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
6.  Menyatakan dan membedakan waktu (pagi, siang, malam)
7.  Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu, bulan dan tahun
8.  Mengenal terjadinya hujan
9.  Mengenal terjadinya banjir
6.        Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri
Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri
10.  Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman(biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan), balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang,tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnet, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, baud an suara
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
7.        Mengkalisikasikan benda berdasarkan bentuk, warna atau ukuran
1.     Mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna, atau ukuran

11.  Memasangkan benda sesuai pasangannya menurut fungsi

2.     Mengklarifikasi benda berdasarkarkan cirri-ciri tertentu
12.  Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman menurut cirri tertentu
3.     Mengklarifikasi benda menurut jenisnya
13.  Menujuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman menurut jenisnya


8.     Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok yang berpasangan dengan dua versi
1.     Mengklarifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama
14.  Menunjuk benda ke dalam kelompok yang sama
15.  Mengelompokkan benda yang sama
2.     Mengklarifikasikan benda ke dalam kelompok yang sejenis
16.  Menunjuk benda yang sejenis
17.  Mengelompokkan benda yang sejenis
3.     Mengklarifikasikan benda yang berpasang dengan dua versi
18.  Mengelompokkan benda yang berpasangan dengan dua versi
9.        Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC
Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC
19.     Meniru pola dengan menggunakan berbagai bentuk
20.  Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan, missal : merah, putih, merah, putih
10      Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
Mengurutkan benda berdasarkan 5
21.  Mengurutkan benda dari besar-kecil atau sebaliknya (5 seriasi)
22.  Mengurutkan benda dari panjang-pendek atau sebaliknya (5 seriasi)
23.  Mengurutkan benda berdasarkan warna (5 seriasi)
24.  Mengurutkan benda dari tebal-tipis atau sebaliknya (5 seriasi)
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
11.  Mengetahui konep banyak dan sedikit
Mengetahui konsep banyak dan sedikit
25.  Mengenal kasar-halus, berat-ringan, pamjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama
26.  Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
12.  Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
27.Membilang banyak benda dari 1 sampai 10
28.Membilang/menyebut urutan bilangan 1-10
13.  Mengenal konsep bilangan
Mengenal konsep bilangan
29.Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda ) samapai 10
30.Menunjuk urutan benda untuk bilangan samapi 10
31.Membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda
14.  Mengenal lambing bilangan
Mengenal lambing bilangan
32.Menunjuk lambing bilangan 1-10
33.Meniru lambing bilangan 1-10
34.Menghubungkan/memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis)
15.  Mengenal lambang huruf
Mengenal lambang huruf
35.Menunjuk lambang huruf di lingkungan sekitar anak
36.Menghubungkan gambar/benda dengan lambang huruf
37.Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana

5.       Fisik (F)
Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator
Motorik Kasar
1.     Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang dsb
1.     Meniruka gerakan binatang/ hewan
1.     Menirukan gerakan binatang peliharaan, binatang yang dapat terbang
2.     Meniruka gerakan pohon tertiup angin
2.     Menirukan gerakan pohon sepoi-sepoi, pohon tertiup angin kencang, dll
3.     Menirukan gerakan pesawat terbang, dll
3.     Menirukan gerakan pesawat terbang (mau terbang, gerakan di udara dan gerakan mendarat. Dll)
2.     Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
4.     Memanjat, bergantung dan berayun
5.     Bergelayut
3.     Melakukan gerakan melompat, meloncat dan berlari secara terkoordinasi
1.     Melakukan gerakan melompat
6.     Melompat dengan dua kaki atau satu kaki dengan seimbang
7.     Melompat dengan tali, dll
2.     Melakukan gerakan melonat
8.     Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
9.     Meloncat dengan rintangan
3.     Melakukan gerakan berlari
10.  Berlari di tempat
11.  Berlari cepat
4.     Melakukan gerakan melompat
12.  Berlari sambil melompat
13.  Berlari sambil meloncat
14.  Melompat, meloncat dan berlari dengan rintangan
4.     Menangkap dan melempar sesuatu secara terarah/tepat
Menangkap dan melempar sesuatu secara terarah/tepat
15.  Menangkap kantong biji, bola dll
16.  Melambung dan menangkap kantong biji, bola dll
17.  Melempar dengan berbagai media missal : bola, kertas, balon ke tempat yang telah ditentukan
18.  Memantulkan bola besar (diam di tempat)
19.  Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak
5.     Melakukan gerakan antisipasi
Melakukan gerakan antisipasi
20.  Berjalan maju pada garis lurus
21.  Berjalan di atas papan titian, berjalan berjinjit
22.  Berjalan mundur ke samping pada garis lurus sejauh 1-2 meter
23.  Melakukan gerakan menghindar dari hal-hal yang berbahaya
6.     Menendang sesuatu secara terarah
Menendang sesuatu secara terarah
24.  Menendang sesuatu secara terarah
7.     Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
25.  Bermain dengan alat permainan di luar, missal ayunan, jungkitan, perosotan dll)
26.  Bermain dengan simpai (bebas, melompat dalam simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai, dll)
27.  Naik sepeda roda dua (belum seimbang)
28.  Naik turun tangga 2-5 anak tangga
Motorik Halus
8.     Membuat garis vertical, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan dan lingkaran
1.     Membuat garis vertical,horizontal, miring kiri/kanan
2.   Membuat garis lengkung kiri/kanan dan lingkaran
29.  Meniru membuat garis tegak, datar, miring kiri/kanan
30.  Membuat segi empat
9.     Menjiplak bentuk
Menjiplak bentuk
31.  Menjiplak bentuk geometri
32.  Menjiplah bentuk binatang
33.  Menjiplak bentuk benda-benda di sekitar
10.  Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
34.  Meniru melipat kertas sederhana (5-6 lipatan)
35.  Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali
36.  Meronce dengan manic-manik
37.  Menganyam dengan kertas
38.  Mencocok dengan pola buatan guru
39.  Menggunting bebas
40.  Merobek kertas
11.  Melakukan gerakan manipulative untuk menghasilkan sesuatu dengan menggunakan berbagai media
Melakukan gerakan manipulative untuk menghasilkan sesuatu dengan menggunakan berbagai media
41.  Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan playdought/tanah liat
42.  Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan leggo
12.  Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
1.   Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
43.  Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus
44.  Menciptakan 2 bentuk bangunan dari balok
45.  Menciptakan 2 bentuk dari kepingan geometri
46.  Mencipta alat perkusi sederhana
47.  Melukis dengan jari (finger painting)
2.   Mengekspresikan diri dengan menyanyi dan memainkan alat musik
48.  Menyanyi 15 lagu anak-anak
49.  Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana
3.   Mengekspresikan diri dalam bentuk gerakan sederhana
50.  Menggerakkan kepala, tangan atau kaki sesuai irama music/ritmik
51.  Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama music
52.  Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai irama music
53.  Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi
Kesehatan Fisik
13.  Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
54.  Mengukur berat badan
14.  Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
55.  Mengukur tinggi badan
15.  Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
56.  Pemeriksaan UKS dan mengukur lingkar kepala
57.  Makan makanan yang mengandung gizi seimbang















PENGEMBANGAN INDIKATOR

KELOMPOK B
Usia 5-6 tahun

1. AKHLAQUL KARIMAH, SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN (ASK)
No.
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
CAPAIAN PERKEMBANGAN
INDIKATOR
1.

Mengenal tata cara berakhlakul kepada Allah
1.                 Sikap dalam berdoa
1.    Terbiasa membaca doa sebelum kegiatan
2.    Terbiasa membaca doa  sesudah kegiatan

3.    Berlatih khusyu dalam berdoa


4.    Adab mendengar adzan dan iqomah

5.    Terbiasa menjawab adzan

6.     Bersyukur atas kelebihan dan prestasi yang dicapai
2

Memiliki Akhlaq yang baik dalam diri sendiri
1.        Prilaku baik dan sopan dalam berbicara
7.    Berbicara yang baik dan sopan dengan sesama teman


8.     Berbicara yang baik dan sopan  dengan orang dewasa


9.     Mudah meminta maaf dan mau memaafkan

2.        Prilaku baik dan sopan dalam berpakaian
10. Berpakaian yang rapi di rumah

11.  Berpakaian yang rapi disekolah


12.  Mudah bergaul/berteman

3.        Prilaku yang baik dan sopan dalam bertingkah laku
13. Tidak mengganggu teman


14.  Mudah bergaul/berteman

15.  Selalu bersikap ramah

16.  Senang bersikap jujur
4.        Membedakan  Prilaku baik dan buruk
17.  Membedakan mana yang benar dan salah pada suatu persoalan
18.  Menunjukkan perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah
19.  Menyebutkan perbuatan-perbuatan yang baik dan yang buruk
3


Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap sesame
1.     Mulai berprilaku saling hormat menghormati
20.  Berlatih hormat kepada orang tua, guru, teman  atau orang dewasa lainnya

21.  Mau mengalah

22.  Terbiasa mengucapkan salam

23.  Terbiasa menjawab salam

24.  Terbiasa mengucapkan terima kasih

25.  Meminta tolong dengan baik




2.    Memiliki toleransi terhadap sesama
26.  Memilki toleransi terhadap sesama
27.  Memiliki rasa dermawan
3.    Timbulnya sikap kerjasama  dan Persatuan
28.  Suka Tolong menolong

29.  bekerja sama
4.    Bersifat kooperatif dengan teman
30.  melaksanakan tugas kelompok
31.  Mau bermain dengan teman
5.    Menghargai keunggulan orang lain
32.  Dapat memuji teman
33.  Menghargai hasil karya teman/oranglain
4
Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap binatang dan alam
1.     Menyayangi ciptaan Allah
34.  Senang menyayangi binatang 


35.  Senang merawat tanaman


36.  Memelihara Lingkungan
5.
 Menunjukkan sikap kedisiplinan
1.     Mentaati peraturan
37.  Terbiasa mengikuti tata tertib dan aturan sekolah


38.  Mau menerima tugas dengan ikhlas


39. Tepat waktu saat berangkat dan pulang sekolah


40.  Terbiasa berhenti bermain pada waktunya

41.  Rapi dalam bertindak, dan bekerja
6

Bertanggung jawab

42.  Tanggung jawab atas tugas yang diberikan


43.  Terbiasa mengembalikan mainan ke tempatnya


44.  Dapat membedakan milik sendiri dan sekolah
7
Menunjukkan sikap kemandirian

45.  Terbiasa mengambil makanan secukupnya dan makan sendiri


46.  Berani karena benar dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar


47.  Terbiasa mengerjakan keperluannya sendiri
8
Mengendalikan Perasaan
1.        Mengendalikan Perasaan
48.  Sabar menunggu giliran




49.  Dapat dibujuk

50.  Tidak cengeng

51.  Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
2.        Mengeksperesikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada
52.  Senang ketika mendapatkan sesuatu
53.  Antusias ketika melakukan kegiatan yang diinginkan
3.        Menunjukkan rasa empati
54.  Menghibur teman yang sedih
55.  Mendo’akan teman yang sakit






9

Menunjukkan rasa percaya diri
1.     Menunjukkan rasa percaya diri

56.  Berani tampil didepan umum
57.  Berani mempertahankan pendapatnya
2.     Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
58.  Dapat menerima kritik
59.  Berani bertanya dan menjawab pertanyaan









3.       Pendidikan Agama Islam (PAI)

Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator
1.  Dapat mengenal 6 Aspek rukun iman
1.  Dapat mengenal ALLAH, sifat-sifat-Nya dan ciptaan-Nya
1.  Menyebutkan beberapa ciptaan ALLAH
2.  Menyebutkan asmaul husna
3.   Dapat mengenal malaikat dan tugas-tugasnya
3.  Menyebutkan 10 malaikat dan tugasnya
4.   Dapat mengenal Nabi dan Rosul ALLAH
4.  Menyebutkan beberapa nama Nabi dan Rosul ALLAH
5.  Menyebutkan tugas dan sifat para Nabi dan Rosul ALLAH
6.  Menceritakan kisah Nabi-nabi, keluarga, sahabat dan meneladaninya
7.  Menceritakan secara singkat kisah nabi yang tergolong ulul azmi
5.     Dapat mengenal kitab suci umat Islam, huruf-hurufnya dan cara membacanya
8.  Menyebutkan Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dan menceritakan sejarah turunya secara sederhana
9.   Menyebutkan huruf hijaiyah
10.   Membaca rangkaian  huruf hijaiyah
11.Iqro/qiroati
12.Menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al-qur’an
13.Menghafalkan beberapa hadits sederhana

2.        Dapat mengenal 5 aspek rukun Islam dan cara beramal sholeh
1.   Mampu mengucapkan dua kalimat syahadat
14.     Mengucapkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul serta artinya
2.   Mengenal sholat 5 waktu dan mampu melakukan tata caranya
15.     Mempraktekkan cara berwudhu dan tayamum
16.Melakukan tahapan-tahapan dalam gerakan sholat
17.Melafadzkan adzan dan iqomah

18.Melafadzkan beberapa bacaan dalam sholat
3.   Dapat mengenal arti zakat dan shodaqoh
19.  Menyebutkan arti zakat dan shodaqoh dan mengamalkannya
4.   Mengenal arti berpuasa dan berlatih melaksanakanya
20.Menyebutkan arti puasa
21.Berlatih puasa semampunya
22.Melakukan ibadah pada bulan Ramadhan misalnya sahur, sholat taraweh
5.   Mengenal sholat ied dan berlatih melaksanakannya
23.  Menyebutkan arti sholat ied dan mempraktekkan
6.   Mengenal tata cara ibadah haji secara sederhana
24.  Menyebutkan tata cara haji secara sederhana
7.   Mengenal tata cara qurban
25.  Menceritakan kisah asal usul qurban dan tata cara melaksanakannya
8.   Mampu menyebutkan dan menghafal do’a-do’a harian
26.  Menghafalkan beberapa do’a harian
9.   Mampu menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah
27.  Menyebutkan macam-macam kalimat toyyibah
28.  Menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah

3.       Bahasa (B)

Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator
Menerima Bahasa
1.   Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
1.     Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar
2.     Meniru kembali 4-5 urutan kata
2.     Mengulang kalimat yang lebih kompleks
Mengulang kalimat yang lebih kompleks
3.     Menirukan kalimat sederhana
4.     Mengulang kalimat yang telah didengarkan
3.   Memahami aturan dalam suatu permainan
Memahami aturan dalam suatu permainan
5.     Menaati aturan permainan
Mengungkapkan Bahasa
4.     Menjawab pertanyaan yang lebih komplek
Menjawab pertanyaan yang lebih komplek
6.     Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi
7.     Menggunakan dan dapat menjawab pertanyaan apa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana dsb
5.   Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
8.     Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu
9.   Mengelompokkan macam-macam gambar yang mempunyai bunyi yang sama
6.     Berkomunikasi secara lisan,memiliki perbendaharaan kata,serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
Berkomunikasi secara lisan,memiliki perbendaharaan kata,serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
10.  Berani bertanya secar sederhana
11.  Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misal :kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama (misal:sama-sama) dll
12.  Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dan simbol yang melambangkannya
13.  Mengelompokkan kata-kata yang sejenis
14.  Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri
15.  Menyanyikan lebih dari 20 lagu anak-anak
7.    Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
16.  Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana
17.  Memberikan keterangan/informasi tentang suatu hal
18.  Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka
19.  Membuat sajak sederhana
8.       Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
20.  Melengkapi kalimat sederhana yang sudah dimulai dengan guru. Misalnya :kemarin ibu pergi ke....
21.  Mau mengungkapkan pendapat secara sederhana
9.       Melanjutkan sebagian cerita dongeng yang telah diperdengarkan
Melanjutkan sebagian cerita dongeng yang telah diperdengarkan
22.  Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
23.  Mendengarkan dan menceritakan kembali isi cerita secara urut
24.  Melanjutkan cerita/dongeng yang telah didengar sebelumnya
Keaksaraan
10.  Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
25.  Menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang dikenal di lingkungan sekitar
26.  Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuat sendiri
11.  Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
27.  Menyebutkan nama-nama benda yang suara huruf awalnya sama
12.  Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
28.  Menyebutkan kata-kata yang mempunyai huruf awal yang sama, misal : bola, buku, baju dll
29.  Menghubungkan gambar/benda dengan kata
13.  Memahami  hubungana antara bunyi dan bentuk huruf
Memahami  hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
30.  Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
31.  Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan
32.  Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
33.  Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalinya
34.  Mengucapkan syair lagu sambil dirinya senandung lagunya
14.  Membaca nama sendiri
Membaca nama sendiri
35.  Membaca nama sendiri dengan lengkap
15.  Menuliskan nama sendiri
Menuliskan nama sendirir
36.  Menuliskan nama sendiri dengan lengkap

Kognitif (K)

Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator
Pengetahuan Umum dan Sains
1.     Mengklarifikasikan benda berdasarkan fungsi
Mengklarifikasikan benda berdasarkan fungsi
1.     Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda berdasarkan fungsi
2.     Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut fungsinya, Misal : peralatan makan, peralatan mandi, peralatan kebersihan dll
3.   Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
2.        Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti : apa yang terjadi ketika air di tumpahkan)
Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti : apa yang terjadi ketika air di tumpahkan)
4.   Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman(biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan), balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang,tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnet, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau d an suara
3.        Menyusun perencanaan kegiatan yang akan digunakan
Menyusun perencanaan kegiatan yang akan digunakan
5.   Membuat perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.        Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya  (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya  (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
6.     Mengungkapkan sebab-akibat, misal : mengapa sakit gigi ?, mengapa kita lapar?
7.     Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
5.     Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti ayo kita bermain pura-pura seperti burung)
Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti ayo kita bermain pura-pura seperti burung)
8.   Mengajak teman untuk bermain
9.   Bermain peran
10.Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita
11.Mengekspresikan gerakan dengan iringan musik/lagu
6.        Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
12.  Mengerjakan “Maze” (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
13.  Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)
14.  Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
15.  Mampu mengambil keputusan secara sederhana
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola


7.     Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling/ter”
Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling/ter”
16.  Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
17.  Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama, tebal-tipis, gemuk-kurus, tinggi-rendah dsb
18.  Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, meteran dll
19.  Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
20.  Mengisis dan menyebutkan isi wadah satu gelas, satu botol dll dengan air, pasir, biji-bijian, beras dll
8.     Mengkalrifikasikan benda berdasarkan warna,bentuk dan ukuran (3 variasi)
Mengkalrifikasikan benda berdasarkan warna,bentuk dan ukuran (3 variasi)
21.  Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
22.  Mengelompokkan benda 3 dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat)
23.  Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut warna, bentuk dan ukuran
9.     Mengkalisifikasikan benda yang lebih  banyak ke dalam kelompok yang sejenis atau kelompok berpasangan yang lebiih dari 2 variasi
Mengkalisifikasikan benda yang lebih  banyak ke dalam kelompok yang sejenis atau kelompok berpasangan yang lebiih dari 2 variasi
24.  Memasangkan benda sesuai dengan pasanganya, jenisnya, persamanya, warnanya, bentuknya dll
25.  Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran bola,segiempat-balok)
26.  Menunjuk, mengelompokkan benda yang jumlah sama-tidak, tidak sama, lebih banyak-lebih sedikit, dari 2 kumpulan benda
10.  Mengenal pola ABCD-ABCD
Mengenal pola ABCD-ABCD
27.  Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan, misal :merah, putih, biru, merah, putih, biru,....../ABCD-ABCD
28.  Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda
29.  Meniru pola dengan menggunakan 4-8 kubus
11.  Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
30.  Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya
31.  Menyusun benda dari panjang-pendek atau sebaliknya
32.  Menyusun benda dari tinggi rendah atau sebaliknya
Konsep bilangan, Lambang bilangan huruf


12.  Menyebutkan lambang bilangan 1 sampai 10
Menyebutkan lambang bilangan 1 sampai 10
33.  Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 samapai 10
34.  Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 20
35.  Menunjuk lambang bilangan 1-10
36.  Membuat urutan bilangan 1-20 dengan benda-benda
37.  Meniru lambang bilangan 1-10
13.  Mencocok bilangan dengan lambang bilangfan
Mencocok bilangan dengan lambang bilangfan
38.  Menghubungkan/Memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20
39.  Mencocok bilangan dengan lambang bilangan
14.  Mengenal berbagai macam lambang,huruf vokal dan konsonan
Mengenal berbagai macam lambang,huruf vokal dan konsonan
40.  Pengenalan huruf vokal dan konsonan
41.  Mengenal lambang bilangan, huruf vokal dan konsonan


Fisik (F)

Tingkat Pencapaian Perkembangan
Capaian Perkembangan
Indikator
Motorik Kasar
1.   Menirukan gerakan tubuh secara koordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan
Menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, kelincahan, keseimbangan dan melatih keberanian
1.   Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban
2.    Berjalan mundur,berjalankesamping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban
3.     Meloncat dari ketinggian 30-5- cm
4.     Memanjat, bergantung dan berayun
5.     Berdiri dengan tumit diatas satu kaki dengan seimbang
6.   Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
7.   Merayap dan merangkak dengan berbgai variasi
8.   Bermain simpai
9.   Naik sepeda roda 2, otopet, egrang dll
2.     Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam melakukan tarian/senam
Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam melakukan tarian/senam
10.  Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik dengan lentur
11.Gerakan bebas dengan irama musik
12.Senam fantasi bentuk meniru misalnya : menirukan berbagai gerakan hewan, gerakan tanaman yang terkena angin (sepoi-sepoi, angin kencang, dan kencang sekali) dengan lincah
13.Mengekspresikan diri dalam gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah
14.Menari/senam menurut musik yang didengar
3.     Melakukan permainan fisik dengan teratur
Melakukan permainan fisik dengan teratur
15.  Menendang bola ke depan dan ke belakang (bermain bola)
16.  Melakukan permainan fisik, misal petak umpet, tikus dan kucing dll
4.   Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
Menggerakkan lengan untuk kelenturan kekuatan otot dan koordinasi
17.  Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil (dian ditempat)
18.  Melambungkan dan menangkap bola/kantong biji sambil berjalan /bergerak
19.  Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil dengan memutar badan, menganyunkan lengan dan melangkah
5.   Melakukan kegiatan kebersihan diri
Melakukan kegiatan kebersihan diri
20.  Mengurus dirinya tanpa bantuan, misal makan,mandi, menyisir, memasang kancing, mecuci, dan melap tangan, mengikat sepatu
21.  Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan orang lain, misal menggosok  gigi, mmandi, buang air
22.  Membersikan peralatan makan setelah digunakan
23.  Membuang sampah pada tempatnya
Motorik Halus
6.   Menggambar sesuai dengan gagasannya
Menggambar sesuai dengan gagasanya
24.  Memngambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, spidol dan bahan-bahan alam) dengan rapi
25.  Menggambar bebas dari bentuk dasar titik garis, lingkaran, segitiga,segiempat
26.  Menggambar orangg dengan lengkap dan proporsional
27.  Mencetak dengan berbagai media (jari,kuas,pelepah pisang, daun,bulu ayam) dengan lebih rapi
7.   Meniru bentuk
Meniru bentukj
28.  Meniru bentuk garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
29.  Meniru lipatan kertas sederhana (1-7 lipatan)
30.  Mencocok bentuk
31.  Membuat lingkaran, segitiga dan bujur sangkar dengan rapi
32.  Meronce 2 pola dengan berbagai media (manik-manik sedotan, kertas, daun dll)
33.  Menganyam dengan berbagai media, misalnya: kain perca, daun, sedotan, kertas dll
8.   Melakukan eksplorasi dengan berbagai media
Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
34.  Membuat berbagai bentuk dari daun, kertas dan kain perca, kardus dll
35.  Menciptakann bentuk dari balok
36.  Menciptakan bentuk dari kepingan geometri
37.  Menciptakan berbagai bentuk yang menggunakan playdought/tanah liat/pasir dll
38.  Permainan warna dengan berbagai media
39.  Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat mebentuk irama
40.  Menciptakan alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
Bereksplorasi dengan berbagai media
41.  Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat membentu irama
42.  Permainan warna dengan berbagai media mia\sal :krayon, cat air dll
43.  Menyusun menara minimal 12 kubus
44.  Membuat mainan dengan teknik melipat, menggunting dan menempel
9.   Menggunakan alat tulis dengan benar
Menggunakan alat tulis dengan benar
45.  Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari0
46.  Membuat berbagai macam coretan
10.Menggunting sesuai pola
Menggunting sesuai pola
47.  Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, gelombang, zig-zag, lingkaran, segitiga dan segiempat)
11.Menempel gambar dengan tepat
Menempel gambar dengan tepat
48.Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca dan batu-batuan dll)
49.Membuat gambar dengan teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk/bahan (segiempat, segitiga, lingkaran)
12.Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
.Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
50.Mewarnai bentuk gambar sederhana
51.Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbagai media
52.Membatik dan jumputan
53.Melukis dengan jari (finger painting)
54.Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam,daun-daunan dan pelepah pesang)
Kesehatan Fisik
13      Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
55.  Mengukur berat badan dengan rumus (BB/U)
14      Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
56.  Mengukur tinggi badan pemeriksaan UKS dengan mengukur lingkar kepala
15    Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
57.  Makan makanan yang mengandung gizi  seimbang




0 comments :

Post a Comment