Tuesday, August 4, 2015

Makalah Kewirausahaan


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.      Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan        : Majuin Boutique
Alamat perusahaan      : Jl. Siliwangi Parungkuda No.2 Sukabumi 43357
Webstore                     : www.majuin.com
Email                           : info@majuin.co.id
Fanspage Facebook     : Majuin
Twitter                         : @majuinstore
Instagram                    : @majuinstore
BBM                           : 79CCDD6C/ 54322134
No. Telp                      : +62858-1111-1477/ +62852-1111-1477
1.2.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik              : Siti Maesaroh
Alamat pemilik            : Kp. Bojongkokosan No. 002 RT.004 RW.006 Desa
Bojongkokosan Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi 43357
1.3.  Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama                           : Maesajuli
Alamat                         : Jl. Jakarta No. 101 RT. 010 RW. 011 Kel. Cipadung
  Kec. Cibiru Bandung 40614
No. Telp                      : +62858-1111-1477/ +62852-1111-1477
1.4. Nama dan alamat sekertaris
Nama                           : Siti Irma Zarima
Alamat                         : Kp. Bojongkokosan RT. 004 RW. 006
  Desa Bojongkokosan Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi
No. Telp                      : +62857-2197-1958
1.5.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai macam-macam kerudung syar’i segiempat maupun bergo/ instan, macam-macam baju serta fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat seluruh nusantara, khususnya untuk kaum remaja dan dewasa, dengan mengedapankan konsep syar’i agar tetap tidak menyalahi aturan agama.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen juga dibantu dengan penjualan online agar dapat mencapai pasar dunia dengan kemudahan bertransaksi.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1)      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2)      Menyi’arkan agama dengan menjual kerudung syar’i
3)      Menyediakan kebutuhan fashion syar’i bagi masyarakat, supaya lebih mudah
4)      Mengurangi tingkat pengangguran
5)      Menjalin ukhwah dengan pelanggan didalam dan diluar negeri, dan
6)      Mendapatkan keuntungan atau laba.

BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha butik yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat masa kini dengan tetap tidak meninggalkan nilai syar’i.
Di era globalisasi ini banyak kebutuhan yang terkira, dengan semakin berkembangnya zaman dan semakin pintar masyarakat memilihin kebutuhan sekunder mereka, maka rasanya perlu untuk kami menyediakan produk yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.
Demi kemudahan bertransaksi kami membuat toko offline yang berlokasi di daerah yang sangat strategis yaitu di daerah Sukabumi kota yaitu Jl. Soekarno Hatta no. 47 depan Super Mall Sukabumi, agar pelanggan tidak kesulitan mencari lokasi butik kami.
Perusahaan Bisnis Butik ini berdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan Majuin (Maju Uni Inti)  yang berdiri di Kota Sukabumi, lingkungan yang memiliki tingkat pendidikan pengetahuan tentang mode, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion syar’I dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
Majuin Boutique didirikan untuk mempelopori kecintaan Pemudi dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan nilai syar’i yang telah disyari’atkan dalam agama juga tentu kami menyediakan corak & ciri khas Indonesia.
2.2.   Visi dan Misi
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas
kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna
dan gaya dalam kehidupan dengan mengedepankan konsep syar’i
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi
kepuasaan pelanggan juga menciptakan lapangan kerja
2.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di pertokoan kota sukabumi Jl. Soekarno Hatta no.47 depan Super Mall Sukabumi, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama kota yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat diseluruh penjuru kota sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4.   Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha butik ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 2 ruangan ukuran 9m2 x 11m2.
2.5.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha butik ini dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 21.00 untuk pelayanan online kami melayani 24 jam nonstop dengan berbagai fitur layanan otomasi agar pelanggan nyaman dengan pelayanan kami.
2.6.   Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service with smile” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
Selain itu, toko online kami berusaha agar webstore kami selalu terverifikasi oleh pihak yang berwajib guna pelanggan tidak perlu risau dan akan selalu percaya pada kami dimanapun mereka berada dengan kemudahan bertransaksi dan pelayanan yang ramah.
2.7.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara online di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line dengan promo menarik. Dengan cara ini kami optimis Majuin boutique akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8.   Target Pelanggan
Target pelanggan Butik ini adalah : Pemudi dan dewasa yang cinta dengan fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju yang memiliki ciri khas tertentu yang mengedapankan konsep syar’i.







BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dan kerudung syar’i dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju sesuai nama butik kami. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama di dalam dan luar negeri.
3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian syar’i, kerudung syar’i dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Majuin membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha Butik ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha butik lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan kerudung maupun pakaian dapat dipenuhi dari butik , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan butik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan

BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian, kerudung syar’i dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai puluhan bahkan mencapai angka ratusan lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
·         Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
·         Bahannya tebal, lembut dan lebar
·         Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
·         Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
·         Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
·         Mengedepan nilai syar’i
·         kualitas produk terjamin
·         sesuai dengan selera masyarakat
4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha butik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen dengan menyediakan toko online maupun offline.
Perusahaan Majuin Butik terletak di Jl. Soekarna Hatta no. 47 Sukabumi. Butik ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut terletak di pusat kota yang tentunya akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar
4.3.   Personalia dan Perlengkapan Kantor
   Pemilik                     : Siti Maesaroh
   Penanggung Jawab  : Jajuli, S.Hum
   Sekretaris                 : Siti Irma Zarima
   Bendahara                : Siti Rahma Yanti











BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1.   Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan Majuin Butik ini dapat dilihat pada bagan berikut :
5.2.   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.














BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Ukuran
Harga
1
Kerudung segi empat
115cm 130cm,150c,m
>Rp. 30.000
2
Gamis
S, L, M, XL, XXL
>Rp. 165.000
3
Kaos Kaki
Panjang, Pendek
>Rp. 8.000
4
Manset
S, M, XL
>Rp. 8.000

6.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
6.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
ü  Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
ü  Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
ü  Membuat katalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di Butik




















BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1.   Job Description
ü  Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
ü  Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
ü  Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
ü  Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
ü  Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
7.2.   Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha butik. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan distro Majuin butik yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik butik.




BAB VIII
RESIKO

8.1.   Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
8.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya Butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.















BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian B’bridal butik yaitu dari pemilik Butik sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
9.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
No
Keterangan
Jenisnya
Harga
1
Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior

Rp.   90.000.000,-



Kulakan baju grosir

Rp. 500.000.000,-



Biaya Soft Opening dan Promosi awal

Rp.     7.000.000,-



Biaya gaji karyawan tahun pertama

Rp.   55.000.000 ,- 


Jumlah Modal Produksi

Rp. 652.000.000,-

2
Biaya lain-lain

Listrik
Rp. 14.000.000,-



Asuransi
Rp. 10.000.000,-


Transportasi                                       
Rp. 7.500.000,-


Administrasi
Rp. 4.500.000,-


Pajak
Rp. 2.750.000,-


Pemeliharaan gedung dan peralatan
Rp. 5.000.000,-


Jumlah biaya lain-lain
Rp. 43.750.000,-
Total
Rp. 750.750.000
  
9.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
9.4.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)

BIAYA
TETAP
Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-

Gaji pegawai
Rp. 70.000.000,-

Jumlah
Rp. 77.000.000,-

Total Modal produksi                                     Rp. 43.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)         Rp. 750.750.000,-
Pendapatan                                                     Rp. 970.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan                                            Rp. 970.000.000,-
Total modal / Pengeluaran                              Rp. 750.750.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH              Rp. 219.250.000,-


0 comments :

Post a Comment