PENDAHULUAN
1.1.
Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama
perusahaan : Majuin Boutique
Alamat
perusahaan : Jl. Siliwangi Parungkuda
No.2 Sukabumi 43357
Fanspage Facebook : Majuin
Twitter :
@majuinstore
Instagram :
@majuinstore
BBM : 79CCDD6C/ 54322134
No.
Telp : +62858-1111-1477/
+62852-1111-1477
1.2. Nama dan Alamat Pemilik
Nama
pemilik : Siti Maesaroh
Alamat
pemilik : Kp. Bojongkokosan No.
002 RT.004 RW.006 Desa
Bojongkokosan Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi 43357
1.3. Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama : Maesajuli
Alamat : Jl. Jakarta No. 101 RT. 010 RW. 011 Kel. Cipadung
Kec. Cibiru Bandung 40614
No.
Telp : +62858-1111-1477/ +62852-1111-1477
1.4. Nama dan alamat
sekertaris
Nama : Siti Irma Zarima
Alamat : Kp.
Bojongkokosan RT. 004 RW. 006
Desa Bojongkokosan Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi
No.
Telp : +62857-2197-1958
1.5. Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan
kami bergerak di bidang perdagangan yang
menjual berbagai macam-macam kerudung syar’i segiempat maupun bergo/ instan, macam-macam
baju serta fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat seluruh
nusantara, khususnya untuk kaum remaja dan dewasa, dengan mengedapankan konsep
syar’i agar tetap tidak menyalahi aturan agama.
Sebelum
kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan
dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern
yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen juga dibantu dengan penjualan
online agar dapat mencapai pasar dunia dengan kemudahan bertransaksi.
Adapun
maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan
aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyi’arkan
agama dengan menjual kerudung syar’i
3) Menyediakan
kebutuhan fashion syar’i bagi masyarakat, supaya lebih mudah
4) Mengurangi
tingkat pengangguran
5) Menjalin
ukhwah dengan pelanggan didalam dan diluar negeri, dan
6) Mendapatkan
keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dengan
semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap
pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif
untuk membuka suatu usaha butik yang up to date dan mengerti akan kebutuhan
masyarakat masa kini dengan tetap tidak meninggalkan nilai syar’i.
Di
era globalisasi ini banyak kebutuhan yang terkira, dengan semakin berkembangnya
zaman dan semakin pintar masyarakat memilihin kebutuhan sekunder mereka, maka
rasanya perlu untuk kami menyediakan produk yang bisa memenuhi kebutuhan
masyarakat.
Demi
kemudahan bertransaksi kami membuat toko offline yang berlokasi di daerah yang
sangat strategis yaitu di daerah Sukabumi kota yaitu Jl. Soekarno Hatta no. 47
depan Super Mall Sukabumi, agar pelanggan tidak kesulitan mencari lokasi butik
kami.
Perusahaan
Bisnis Butik ini berdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki
hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam
berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, generasi muda ini mencetuskan
mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan Majuin (Maju Uni Inti) yang berdiri di Kota Sukabumi, lingkungan yang
memiliki tingkat pendidikan pengetahuan tentang mode, tapi masih minim dalam
mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion syar’I dalam yang baik dan bekualitas
bagi masyarakatnya.
Majuin
Boutique didirikan untuk mempelopori kecintaan Pemudi dalam bidang fashion yang
up to date tanpa melupakan nilai syar’i yang telah disyari’atkan dalam agama
juga tentu kami menyediakan corak & ciri khas Indonesia.
2.2. Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan
memberikan pelayanan atas
kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk
memberikan warna
dan gaya dalam kehidupan dengan mengedepankan konsep
syar’i
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang
baik dan berkualitas demi
kepuasaan pelanggan juga menciptakan lapangan kerja
2.3. Lokasi
Lokasi
yang dipilih merupakan tempat yang strategis di pertokoan kota sukabumi Jl.
Soekarno Hatta no.47 depan Super Mall Sukabumi, lokasi mudah terlihat dan
berada di jalan utama kota yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat diseluruh
penjuru kota sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan
/ Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha butik ini tidak terlalu luas
dan juga tidak terlalu sempit, yakni 2 ruangan ukuran 9m2 x 11m2.
2.5. Waktu Operasional
Waktu
untuk melakukan pelayanan usaha butik ini dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai
dengan pukul 21.00 untuk pelayanan online kami melayani 24 jam nonstop dengan
berbagai fitur layanan otomasi agar pelanggan nyaman dengan pelayanan kami.
2.6. Kesan / Counter Style
Kesan
yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High
Quality Service with smile” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat
pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang
memuaskan.
Selain
itu, toko online kami berusaha agar webstore kami selalu terverifikasi oleh pihak
yang berwajib guna pelanggan tidak perlu risau dan akan selalu percaya pada
kami dimanapun mereka berada dengan kemudahan bertransaksi dan pelayanan yang
ramah.
2.7. Konsep Promosi
Membuat
sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari
pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain
itu, kami juga membuat advertisement secara online di internet agar bisa
dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis
on-line dengan promo menarik. Dengan cara ini kami optimis Majuin boutique akan
lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8. Target Pelanggan
Target
pelanggan Butik ini adalah : Pemudi dan dewasa yang cinta dengan fashion-
fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju yang memiliki ciri khas
tertentu yang mengedapankan konsep syar’i.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dan kerudung syar’i dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin
usaha ini akan maju sesuai nama butik kami. Karena kebutuhan dan permintaan
akan fashion di kalangan masyarakat terutama di dalam dan luar negeri.
3.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian syar’i,
kerudung syar’i dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Majuin
membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau.
Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan
pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan
kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha Butik ini
cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha
butik lainnya.
Pada
awalnya pemenuhan permintaan kerudung maupun pakaian dapat dipenuhi dari butik
, akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan butik untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk
melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang dihasilkan
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian, kerudung syar’i dan fashion
lainnya sehingga menghabiskan sampai puluhan bahkan mencapai angka ratusan
lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan
oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
·
Berkualitas tinggi dan
dapat memuaskan konsumen,
·
Bahannya tebal, lembut
dan lebar
·
Bermacam-macam bentuk
dan ukurannya dengan style yang uptodate
·
Hasil sablon sangat
rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan
produk
Sebagai
kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain
itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
·
Harga terjangkau oleh
kemampuan konsumen,
·
Mengedepan nilai syar’i
·
kualitas produk
terjamin
·
sesuai dengan selera
masyarakat
4.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usaha butik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua
itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu
kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen dengan menyediakan
toko online maupun offline.
Perusahaan
Majuin Butik terletak di Jl. Soekarna Hatta no. 47 Sukabumi. Butik ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah
perusahaan, karena lokasi tersebut terletak di pusat kota yang tentunya akses
transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar
4.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik :
Siti Maesaroh
Penanggung Jawab : Jajuli, S.Hum
Sekretaris :
Siti Irma Zarima
Bendahara :
Siti Rahma Yanti
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1. Proses Produksi
Proses
produksi yang kami jalankan dalam perusahaan Majuin Butik ini dapat dilihat
pada bagan berikut :
5.2. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak
merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan Harga
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh
masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Ukuran
|
Harga
|
1
|
Kerudung segi empat
|
115cm 130cm,150c,m
|
>Rp. 30.000
|
2
|
Gamis
|
S, L, M, XL, XXL
|
>Rp. 165.000
|
3
|
Kaos Kaki
|
Panjang, Pendek
|
>Rp. 8.000
|
4
|
Manset
|
S, M, XL
|
>Rp. 8.000
|
6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
6.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
ü Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
ü Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
ü Membuat
katalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di Butik
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1. Job Description
ü Pemilik
usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan
sekali dari hasil usaha.
ü Sekretaris
bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat
data.
ü Bendahara
bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
ü Penanggung
jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi
di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam
melayani pelanggan.
ü Karyawan
bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan
prima.
7.2. Latar Belakang Tim Management
Latar
belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang
dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha
butik. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status
Kepemilikan Usaha
Badan
usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan.
Adapun status kepemilikan distro Majuin butik yaitu perseroan. Dimana
pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik butik.
BAB VIII
RESIKO
8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis
SWOT)
Strength
(Kekuatan)
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif
2. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap
pelanggan
4. Menjual produk yang berkualitas
Weaknes
(Kelemahan)
1. Persaingan pasar dengan perusahaan yang
berskala nasional
2. Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity
(Peluang)
1. Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas
produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan
perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2. Saat ini dengan belum adanya perusahaan
dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa
kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty
(Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha
menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
8.2. Gambaran tentang Masa Kini
Resiko
yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya Butik-butik maupun
outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala
internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang
mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka
kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai
dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki
keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai
sumber awal mula pendirian B’bridal butik yaitu dari pemilik Butik sendiri.
Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
9.2. Neraca Permulaan Perusahaan
a) Biaya produksi per tahun terdiri dari:
No
|
Keterangan
|
Jenisnya
|
Harga
|
1
|
Modal Awal produksi
|
Renovasi Awal &
Desain Interior
|
Rp. 90.000.000,-
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 500.000.000,-
|
||
Biaya Soft Opening
dan Promosi awal
|
Rp. 7.000.000,-
|
||
Biaya gaji karyawan
tahun pertama
|
Rp. 55.000.000 ,-
|
||
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 652.000.000,-
|
||
2
|
Biaya lain-lain
|
Listrik
|
Rp. 14.000.000,-
|
Asuransi
|
Rp. 10.000.000,-
|
||
Transportasi
|
Rp. 7.500.000,-
|
||
Administrasi
|
Rp. 4.500.000,-
|
||
Pajak
|
Rp. 2.750.000,-
|
||
Pemeliharaan gedung
dan peralatan
|
Rp. 5.000.000,-
|
||
Jumlah biaya
lain-lain
|
Rp. 43.750.000,-
|
||
Total
|
Rp.
750.750.000
|
9.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk
butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata
untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun,
sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta
pertahun.
Sehingga,
pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
9.4. Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
|
BIAYA
TETAP
|
Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp.
7.000.000,-
|
Gaji pegawai
|
Rp. 70.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 77.000.000,-
|
Total
Modal produksi Rp.
43.750.000,-
TOTAL
MODAL (PENGELUARAN) Rp.
750.750.000,-
Pendapatan
Rp.
970.000.000,-
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total
Pendapatan Rp.
970.000.000,-
Total
modal / Pengeluaran Rp.
750.750.000,-
TOTAL
KEUNTUNGAN BERSIH Rp.
219.250.000,-
0 comments :
Post a Comment