LAPORAN AKHIR
INDIVIDUAL
PRAKTIK
PROFESI KEGURUAN
DI SMK DWI
DARMA
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat
akhir pelaksanaan
Prakti Profesi Keguruan ( PPK ) S1 PAI
Di susun oleh :
SITI MAESAROH
NIM : 2011.1215
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM SUKABUMI
TERAKREDITASI
SK BAN-PT DEPDIKNAS Nomor :
011/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008
Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) dan Akta IV
Jl. Lio Balandongan Sirnagalih
(Begeg) No. 74 Kel. Cikondang Kec. Citamiang Kota Sukabumi
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR
PRAKTIK PROFESI
KEGURUAN (PPK)
DI SMK
DWI DARMA
TAHUN AKADEMIK
2014/2015
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat akhir
pelaksanaan
Praktik Profesi Keguruan S1 PAI
Disahkan
di : Parungkuda
Hari,
Tanggal : 8 Oktober 2014
Menyetujui,
Koordinator
Guru Pamong
(Ahmad Hudori, S.Pd.I)
NIP. 4341755657200023
Mengetahui,
Dosen Pembimbing, Kepala SMK Dwi Darma,
(Dra. H. Didin Badrudin) (Dra Eli Lismalia)
NIP. …………………….. NIP. 2445744648300013
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji syukur
kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya
kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada
junjungan kita Nabi Muhammad SAW sebagai pelita kehidupan, petunjuk dan pembawa
pelita ajaran yang paling benar.
Dengan
berucap syukur kehadirat Illahi Robbi atas segala nikmatnya yang hingga sampai
hari ini penyusun masih diberikan kesempatan untuk dapat beriman dan beribadah
kepada-Nya. Selain itu, penyusun sangat bersyukur atas izin-Nyalah kami dapat
menyelesaikan kegiatan PPK ini.
Apa
yang telah penyusun lakukan hingga saat ini kesemuanya itu adalah dikarenakan
izin dari Allah SWT, dan penyusun berharap semoga apa yang penyusun lakukan
mendapatkan keridhoan-Nya. Selain dari itu, penyusun juga ingin mengucapkan
terima kasih kepada :
1.
Prof.
Dr. H. Endin Nasrudin, M.Si. selaku Ketua STAI Sukabumi yang telah memberikan
kesempatan kepada kami untuk mengikuti program Program Profesi Keguruan (PPK)
2.
Drs.
Dadang Sahroni, M.Pd., Drs. H.M. Abbas, M.M., Dasep Hanan Mubarok, MPd.I yang memberikan pembekalan
Praktik Profesi Keguruan (PPK) Tahun Akademik 2014/2015.
3.
Drs.
A. Suryadi, M.Pd selaku Koordinator STAI Sukabumi kelompok belajar Cicurug -
Benda yang telah memberikan dukungan positif dan kepercayaan kepada kami untuk
melaksanakan PPK.
4.
Drs.
H. Didin Badrudin selaku Dosen Pembimbing peserta PPK di SMK Dwi Darma
Kec. Parungkuda yang telah
membimbing PPK kami dengan penuh dedikasi dan kesabaran.
5.
Dra. Eli Lismalia selaku Kepala Sekolah SMK Dwi Darma
Kec. Parungkuda yang telah
memberikan fasilitas tempat PPK untuk kami.
6.
Engkas
Kasus Winaya, S.Pd sebagai Wakasek Kurikulum dan Koordinator Guru Pamong yang
telah membantu kami dalam pembagian tugas belajar mengajar dalam setiap rencana
pembelajaran dan proses pembelajaran.
7.
Semua
Guru Pamong yang selalu memantau dan membimbing kami
8.
Segenap
Guru dan Seluruh Staff TU SMK Dwi Darma yang ramah dan selalu bersedia membantu memenuhi keperluan dan kebutuhan
kami dalam melaksanakan PPK
Semoga laporan ini dapat menjadi
manfaat yang berguna kelak menjadi bahan pengalaman serta pelajaran menuju arah
perbaikan dan kemajuan, walaupun dalam penyajian laporan ini sangat banyak
kekurangannya baik ditinjau dari segi isi redaksi penyusunannya ataupun
ditinjau dari segi tata bahasanya. Maka dengan lapang dada kami bersedia
menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun guna adanya kesempurnaan pada
pembuatan laporan-laporan berikutnya. Semoga Allah selalu melimpahkan Rahmat
dan Hidayah-Nya kepada orang-orang yang selalu menebarkan ilmu-Nya dan tetap
selalu berada pada jalan yang diridhoi-Nya. Amiin
Penyusun,
DAFTAR
ISI
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................................ i
KATA
PENGANTAR .................................................................................... ii
DAFTAR
ISI .................................................................................................... iv
A. Latar
Belakang Masalah ............................................................... 1
B. Tujuan
dan Manfaat Penulisan Laporan ....................................... 2
C. Metode
Penulisan Laporan ........................................................... 3
D. Sistematika
Penulisan Laporan ..................................................... 3
BAB
II KONDISI OBYEKTIF LOKASI PPK .......................................... 6
A. Letak
Geografis ............................................................................ 6
B. Sejarah
perkembangan sekolah/tempat praktik ............................. 6
C. Sarana
dan Prasarana Sekolah ...................................................... 8
D. Keadaan
Personil (guru, murid dan karyawan) ............................ 9
BAB
III RENCANA DAN PELAKSANAAN PPK ................................... 11
A. Rencana
PPK ................................................................................ 11
1.
Program Intra Kurikuler ......................................................... 11
2.
Program Ekstra Kurikuler ...................................................... 12
B. Pelaksanaan
PPK .......................................................................... 12
1.
Program Intra Kurikuler ......................................................... 12
2.
Program Ekstra Kurikuler ...................................................... 13
3.
Faktor Pendukung dan Penunjang ......................................... 14
BAB
IV PARTISIPASI DALAM KEGIATAN SEKOLAH
..................... 16
A. Partisipasi
dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) ......... 16
1)
Kegiatan PBM yang dilaksanakan ......................................... 16
2)
Hambatan-hambatan yang ditemui dalam
pelaksanaan
PBM .................................................................. 16
3)
Pembinaan PBM oleh pihak sekolah (guru pamong,
kepala sekolah/ wakil dan guru lain) 17
B. Partisipasi
dalam kegiatan di luar PBM ........................................ 17
1)
Kegiatan-kegiatan di luar KBM ............................................ 17
2)
Pembinaan oleh pihak sekolah ............................................... 17
3)
Hambatan-hambatan yang ditemui ........................................ 18
BAB
V ANALISIS MASALAH KEPENDIDIKAN ................................. 19
A. Temuan
Masalah Kependidikan ................................................... 19
B. Upaya
Problem Solving ................................................................ 19
BAB
VI PENUTUP ........................................................................................ 20
A. Simpulan
....................................................................................... 20
B. Saran
............................................................................................. 20
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Biodata Penulis
2.
Denah Lokasi PPK
3.
Keadaan Personil (guru, murid dan karyawan)
4.
Organigram Lokasi PPK
5.
Organigram Dewan Sekolah Lokasi PPK
6.
Daftar Kondisi Sarana dan Prasarana di lokasi
PPK
7.
Jadwal PPK
8.
Schedule
Time/ Action of Plan Kelompok PPK
9.
Jadwal Ujian Akhir PPK
10. Satuan
Pelajaran (Satpel) atau Rencana Pengajaran (Renpeng) (seluruh penampilan
paktik)
11. Format
Hasil Penilaian Ujian seluruh Evaluator (seluruh penampilan praktik)
12. Berita
Acara dan Nilai Akhir PPK
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Praktik Profesi
Keguruan merupakan miniatur dan gambaran proses pembelajaran yang sesungguhnya.
Kegiatan ini memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam rangka
membentuk tidak hanya kemampuan (kompetensi) dalam penguasaan materi,
penampilan dan retorika, karakter guru namun lebih penting dari pada itu adalah
membentuk karakter guru sejati. Praktik Profesi Keguruan merupakan persiapan
dalam rangka menjadi guru yang cakap, memahami “medan ”, siap belajar mengajar. Latihan ini
sangat berguna dan menentukan sukses dan gagalnya calon tersebut dalam
jabatannya sebagai guru.
Dalam rangka menunjang kegiatan pembangunan bangsa Indonesia
dewasa ini STAI Sukabumi sebagai suatu Lembaga Pendidikan Agama Islam dipandang
perlu untuk meningkatkan mutu dan perannya dalam mengembangkan misi dan visinya
di bidang pendidikan ke arah yang lebih baik, konkrit dan konstruktif.
STAI Sukabumi bertujuan untuk membentuk dan melahirkan
sarjana-sarjana muslim yang ahli dalam bidang ilmu agama Islam yang
orientasinya terfokus dalam bidang pendidikan dan pengajaran, karena itulah
perlu dipersiapkan dan dirancang program reguler maupun Praktik Profesi
Keguruan yang implementasinya diharapkan dapat menjadi media pendukung guna
membentuk guru yang siap pakai dan berjiwa profesional.
Bila dikorelasikan dengan Tri Dharma perguruan Tinggi: Pendidikan,
Penilitian dan Pengabdian kepada masyarakat, maka adanya program Praktik Profesi
Keguruan (PPK) merupakan bagian penting dari Tri Dharma perguruan itu sendiri,
jadi dapat diungkapkan bahwa yang melatarbelakangi adanya program Praktik Profesi
Keguruan (PPK) ini adalah:
1.
|
Tanggung jawab moral STAI Sukabumi sebagai bagian integral
Lembaga Pendidikan Agama Islam di Indonesia.
2. Mengaplikasikan
pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti perkuliahan kedalam tindakan nyata
mengajar di lembaga pendidikan.
3. Tumbuhnya
keinginan yang kuat dari STAI Sukabumi untuk melahirkan sarjana-sarjana pendidikan
agama Islam yang kompeten dan profesional.
4.
Tuntunan
keseimbangan edukatif dari fakultas tarbiyah, yang harus menjadi bagian
substansi dan tersusun secara sistematis dan programatis.
B.
Tujuan
Dan Manfaat Penulisan Laporan
Adapun Tujuan
dengan adanya program Praktik Profesi Keguruan (PPK) ini adalah agar para
mahasiswa pada akhir pendidikannya diharapkan bisa
memahami makna PPK bagi calon guru diantaranya :
1. Memiliki
kebiasaan membuat perencanaan pembelajaran secara tepat.
2. Kemampuan
menggunakan silabus dan satuan pembelajaran yang di sesuaikan dengan situasi
dan kondisi kelas.
3. Menguasai
teknik-teknik penyampaian dan interaksi belajar mengajar setiap bidang studi.
4. Untuk
melaporkan segala jenis kegiatan yang sudah berlangsung selama pelaksanaan PPK.
5. Mampu
memanfaatkan situasi psikis sosial dalam membimbing peserta didik.
6. Dapat
melaksanakan evaluasi.
7. Untuk
memenuhi salah satu syarat akhir pelaksanaan Praktik Profesi Keguruan (PPK) Program
S1 PAI.
Manfaat dari penulisan laporan ini bagi
Mahasiswa jurusan PAI, terutama dalam hal sebagai berikut :
1. Untuk
melatih diri bagi calon guru lebih bertanggung jawab dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
2. Melatih
diri untuk terampil dalam melaksanakan bimbingan, pengelolaan kelas, dan
berhadapan dengan jiwa dalam proses pembelajaran di kelas.
3. Untuk
lebih mengenal dunia anak didik, karakteristik serta pengembangannya.
4. Memiliki
kebiasaan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara tepat.
5. Dapat
melaporkan hasil akhir untuk setiap kegiatan selama PPK berlangsung.
C.
Metode
Penulisan Laporan
Metode Penulisan laporan yang dijadikan acuan kerja oleh
Praktikan disusun berdasarkan data dan fakta empiris di lapangan SMK DWI DARMA
dari berbagai macam kegiatan baik intra kurikuler, ekstra kurukuler maupun
kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan metode penulisan laporan yang telah
ditetapkan oleh STAI Sukabumi sesuai dengan pengalaman PPK. Laporan terdiri
dari dua jenis laporan kelompok dan laporan individu.
D. Sistematika Penulisan Laporan
Adapun
sistematika penulisan laporan PPK dengan susunan sebagai berikut:
Cover
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Tujuan Dan Manfaat Penulisan Laporan
C. Metode
Penulisan Laporan
D. Sistematika
Penulisan Laporan
BAB
II KONDISI OBYEKTIF LOKASI PPK
A. Letak
Geografis
B.
Sejarah
Perkembangan Sekolah / Tempat Praktek ( secara singkat )
C. Sarana
Dan Prasarana Sekolah
D. Keadaan
Personil ( guru, murid, dan karyawan )
BAB
III RENCANA DAN PELAKSANAAN PPK
A. Rencana
PPK
a.
Program Intra Kurikuler
b.
Program Ektra Kurikuler
B.Pelaksanaan
PPK
1. Program
Intra Kurikuler
2. Program
Ektra Kurikuler
3. Faktor
Pendukung Dan Penunjang
BAB IV
PARTISIPASI DALAM KEGIATAN SEKOLAH
A. Partisipasi
dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar ( PBM )
1.
Kegiatan PBM yang dilaksanakan
2.
Hambatan -hambatan yang ditemui
3.
Pembinaan PBM oleh pihak sekolah ( guru pamong,
Kepala sekolah/ wakil dan guru lain
B.Partisipasi
dalam kegiatan di luar PBM
1.
Kegiatan-kegiatan diluar PBM
2.
Pembinaan
oleh pihak sekolah
3.
Hambatan-hambatan yang ditemui
BAB V ANALISIS MASALAH KEPENDIDIKAN
A. Temuan
Masalah Kependidikan
B. Upaya
Problem Solving
BAB VI PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB
II
KONDISI
OBYEKTIF LOKASI PPK
A. Letak Geografis
SMK Dwi Darma berstatus
sekolah swasta yang terletak di Jl. Pakuwon No. 798 Desa Sundawenang Kecamatan
Parungkuda Kabupaten Sukabumi Jawa Barat di bawah naungan Yayasan dan Dinas
Pendidikan Kota Sukabumi. Tempat ini sangat strategis letaknya tidak jauh dari
pusat kota sehingga
B. Sejarah Perkembangan SMK
SMK Dwi Darma
SMK Dwi Darmamerupakan sekolah swasta yang
berkembang pesat dari tahun ketahun dengan staf
pendidik yang berkualitas, propesional dan berpengalaman dengan
menggunakan kurikulum yang di tetapkan Kementrian Pendidikan dan Kementrian
Agama Serta siswa yang rata-ratanya berbasis pendidikan pondok pesantren.
Untuk memajukan perkembangannya, SMK Dwi Darmamemiliki
Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut :
1. Visi
Visi
SMK Dwi Darmaadalah :
2. Misi
Misi SMK Dwi Darma adalah :
3. Tujuan
Tujuan SMK Dwi Darma adalah
:
C. Sarana dan Prasarana Sekolah
|
Berdasarkan Profil yang kami terima, sarana
dan prasarana sekolah yang dimiliki SMK Dwi Darma adalah :
1. Tanah
Status
: Milik Yayasan
Luas : 2500 M
2. Bangunan
Bangunan :
22 Buah
Ruang Belajar : 14 Kelas
Ruang Kantor : 1 Ruang
Ruang Guru : 1 Ruang
Ruang Kepala Sekolah :
1 Ruang
Ruang Tata Usaha :
1 Ruang
Ruang Perpustakaan :
1 Ruang
Ruang UKS : 1
Ruang
Ruang OSIS : 1
Ruang
Laboratorium Komputer : 1
Ruang
Laboratorium Multimedia : 1
Ruang
Lab. Praktik GbrTekhnik : 1
Ruang
Ruang Praktik TITL : 2 Ruang
Ruang Praktik TPMI : 2 Ruang
Ruang Praktik TKR : 2 Ruang
Koperasi : 1 Ruang
Aula : 1 Ruang
Gudang : 1 Ruang
Ruang Penjaga Sekolah : 1
Ruang
WC :
4 Buah
3. Mebeuler
Kursi Siswa : 521 Buah
Meja Siswa : 521 Buah
Meja Guru : 30 Buah
Kursi Guru : 30 Buah
Lemari : 5 Buah
Papan Tulis : 13 Buah
Rak Buku : 6 Buah
Lemari alat dan bahan : 6
Buah
D. Keadaan Personil
1.
Keadaan
Guru Dan Karyawan
Berdasarkan Profil
yang kami terima, keadaan guru dan karyawan yang
aktif di SMK Dwi Darma pada saat ini yang sesuai dengan surat keputusan yayasan
jumlah guru dan karyawannya ada 35 orang dengan rincian sebagai berikut :
a. Kepala
Sekoah : 1 orang
b. Tenaga
pengajar : 28 orang
c. Tenaga
Administrasi : 1 orang
d. Pustakawan : - orang
e. Penjaga
Sekolah : 1 orang
Jenjang
pendidikan terdiri dari:
a. Sarjana
(S-3) : - orang
b. Sarjana
(S-2) : 1 orang
c. Sarjana
(S-1) : 20 orang
d. Angkatan
Muda ( D-3) : 1 orang
e. Diploma
1 :
1 orang
f. Diploma
4 : 1 orang
g. SMA/Sederajat
: 8 orang
2.
Keadan
Murid
Berdasarkan Profil yang kami terima,
sekolah SMK Dwi Darma sampai pada Bulan Oktober 2014 memiliki siswa/siswi
sebanyak 521 orang, dengan rincian sebagai berikut:
TABEL.I
KELAS
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
X TITL
|
23
|
3
|
XI TITL
|
31
|
3
|
XII TITL
|
28
|
7
|
X TPMI
|
56
|
|
XI TPMI 1
|
39
|
|
XI TPMI 2
|
32
|
|
XII TPMI 1
|
31
|
2
|
XII TPMI 2
|
34
|
|
X TKR
|
50
|
|
XI TKR
|
40
|
|
XI TKR 2
|
49
|
|
XII TKR 1
|
47
|
1
|
XII TKR 2
|
44
|
1
|
Jumlah
|
504
|
17
|
Jumlah Total
|
521
|
BAB III
RENCANA DAN PELAKSANAAN PPK
A. Rencana PPK
Seluruh mahasiswa
STAI Sukabumi yang akan melaksanakan Praktik Profesi Keguruan (PPK) diwajibkan
terlebih dahulu mengikuti Orientasi Praktik Kegiatan (OPK) yang diselenggarakan
oleh Subag. Akademik dan Kemahasiswaan STAI Sukabumi Serta diakhiri dengan
diadakannya observasi lapangan PPK oleh Mahasiswa yang bersangkutan.
Orientasi Praktik Keguruan ini merupakan pengarahan sekaligus
pembekalan bagi praktikan mengenai kapita selekta ilmu keguruan teoritis dan
hubunganya dengan penerapan praktis dalam situasi persekolahan. Adapun
pembekalan yang diberikan oleh pihak STAI Sukabumi diantaranya cara membuat
perencanaan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, pengolahan kelas, teknik
pendidikan dan lain-lain.
Observasi sekolah merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh
mahasiswa sebelum atau berbarengan dengan masa partisipasi dengan sebuah tujuan
agar mahasiswa dapat terlebih dahulu menganal dan memperoleh gambaran tentang
kondisi obyektif sekolah atau lapangan yang akan dijadikan tempat praktek,
sehingga para mahasiswa dapat mengadaptasikan dengan lingkungan sekolah.
Adapun
rencana PPK sebagai berikut :
1.
Program
Intra Kurikuler
Kegiatan intra kurikuler
adalah kegiatan yang paling utama dalam kegiatan proses belajar mengajar yang
dilaksanakan di dalam kelas. Kegiatan intra kurikuler ini meliputi mata
pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan juga merupakan
sebuah program kerja sekolah yang sudah tersusun dalam jadwal mata pelajaran.
|
Jadwal pelajaran merupakan acuan kerja bagi praktikan dalam
melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai peserta PPK. Secara komprehensip
melaksanakan kegiatan intra kurikuler bagi praktikan adalah dengan pembagian
materi pelajaran dan sekaligus penyusunan jadwal kegiatan untuk semua praktikan
yang tentunya disesuaikan dengan jadwal harian sekolah tersebut. Persiapan
mengajar dapat digunakan sebagai acuan untuk menyusun rencana pembelajaran
supaya proses belajar mengajar dapat terarah, efektif dan efesien.
2.
Program
Ekstra Kurikuler
Kegiatan ekstra kurikuler
adalah kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran. Dengan tujuan sebagai
berikut :
a. Untuk
memperluas wawasan tentang materi yang telah dipelajari.
b. Untuk
mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang didapat ketika belajar di dalam
kelas.
c. Belajar
menyusun dan mengatur kegiatan di luar jam pelajaran.
Sedangkan langkah-langkah
yang ditempuh dalam kegiatan ekstra kurikuler adalah perencanaan (jenis
program, waktu, tujuan dan biaya), pelaksanaan, evaluasi, serta tindak lanjut.
Peserta praktikan dalam hal persiapan kegiatan ekstra kurikuler ini harus
memilih satu atau lebih dari jenis kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh
sekolah.
B. Pelaksanaan PPK
1.
Kegiatan
Intra Kurikuler
Pelaksanaannya adalah
praktik belajar mengajar dikelas, dilaksanakan dengan mengacu kepada jadwal Praktik
Profesi Keguruan (PPK) yang tentunya disesuaikan dengan jadwal harian sekolah.
Jadwal kegiatan intra kurikuler sekolah ditandatangani oleh koorditaor Guru
Pamong, Dosen Pembimbing, dan Kepala Sekolah.
Dalam melaksanakan
praktik, masing-masing praktikan diharuskan membuat atau melaksanakan minimal
12 kali pertemuan dikelas dengan perhitungan satu kali KBM dikelas yang sama,
dengan satu kali penampilan. Dalam pelaksanaannya, alhamdulillah semua
praktikan dapat memenuhi sebagaimana yang telah ditentukan oleh pihak fakultas,
untuk lebih jelasnya dapat dilihat didalam lampiran jadwal kegiatan belajar
mengajar Praktik Profesi Keguruan (PPK) STAI Sukabumi.
|
Sedangkan dalam
pelaksanaan belajar mengajar dikelas secara umum berdurasi waktu 45 menit per
satu jam pelajaran dan sebagai bukti saya sajikan beberapa gambaran
langkah-langkah pembelajaran secara pelaksanaan praktik, sebagai berikut :
a.
Kegiatan
Awal
Ø
Mengucapkan salam dan membaca do’a
Ø
Mengabsen siswa/i
Ø Mejelaskan kompetensi dasar dan indikator
yang akan dicapai
Ø Memotivasi siswa agar selalu aktif dalam
KBM
b.
Kegiatan
Inti
Kegiatan inti disesuaikan dengan materi dan pokok
bahasan yang akan dibahas dengan mengkondisikan KBM dengan metode, pendekatan
secara teoritis, empiris, dan rasional, media dan evaluasi yang disesuaikan
dengan materi yang diajarkan.
c.
Kegiatan
Akhir
Ø
Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
Ø
Memberikan umpan balik ats hasil belajar
mengajar saat itu
Ø
Melakukan penilaian
Ø
Salam dan tutup
2. Program Ekstra Kurikuler
Kegiatan ekstra kurikuler
yang saya laksanakan selama praktik, tetap saya mengacu kepada jadwal yang
sudah ada di MA Attaqwa, dimana ekstra kurikuler yang ada di SMK Dwi Darmaini
diantaranya Pramuka, Drum Band, Paskibra, Olahraga, Degungan, Marawis. Berikut
adalah jenis kegiatan, nama praktikan, dan waktu kegiatan ekstra kurikuler selama
program Praktik Profesi Keguruan (PPK) di MA Attaqwa
|
TABEL.2
Jenis Kegiatan Ekstra Kurikuler
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Praktikan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Pramuka
|
Sabtu
|
||
2
|
Drum Band
|
Kamis
|
||
3
|
Paskibra
|
Selasa
|
||
4
|
Olahraga
|
Rabu
|
||
5
|
Degungan
|
Sabtu
|
||
6
|
Marawis
|
Kamis
|
3. Faktor
pendukung dan penunjang
Dalam pelaksanaan Praktik
Profesi Keguruan (PPK) harus adanya faktor pendukung diantanya kerjasama antara
sesama praktik, sekolah dan Fakultas. Faktor penunjang selain
kegiatan-kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler seperti yang telah saya
laporkan diatas, juga melaksanakan tugas dan kegiatan lain yaitu melaksanakan
BAB IV
PARTISIPASI DALAM KEGIATAN SEKOLAH
A.
Partisipasi
dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM)
1.
Kegiatan
PBM yang dilaksanakan
SMK
DWI DARMA adalah salah satu sekolah yang cukup konsisten dalam menjalankan
tugasnya sebagai salah satu bagian dalam dunia pendidikan. Pada pelaksanaan PBM
di SMK DWI DARMA ini bisa dikatakan cukup baik, hal itu bisa terlihat dari administrasi
guru serta profesionalisme yang dimiliki oleh setiap pendidik dan tenaga
kependidikan di sekolah ini.
Hal
diatas memungkinkan kepada kami selaku mahasiswa praktikan menjadi lebih mudah
untuk mencari pengalaman dari setiap kegiatan pembelajaran yang kami
laksanakan. Dengan keadaan yang demikian kami bisa melaksanakan kegiatan
praktik mengajar mandiri dengan baik dan efisien.
Pengelolaan
PBM di sekolah ini memungkinkan kami
untuk dapat mengambil banyak pembelajaran agar mendapatkan hasil yang
maksimal.
2.
Hambatan-hambatan
yang ditemui dalam pelaksanaan PBM
Dalam
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di SMK Dwi Darma ini,
kami rasakan tidak terlalu banyak hambatan yang memang memungkinkan menjadikan
kegiatan PBM tidak berjalan dengan lancar. Kegiatan PBM yang dilaksanakan
setidaknya mengalami beberapa hal yang kurang baik adanya, namun hambatan
tersebut tidak begitu berarti hingga tidak mengakibatkan kegiatan PBM yang
dilaksanakan menjadi kurang efisien.
Kegiatan
PBM yang dilaksanakan di SMK Dwi Darma hingga hari terakhir pelaksanaan
kegiatan praktik mengajar oleh mahasiswa praktikan dirasakan cukup memuaskan
dan bisa dikatakan mendapatkan hasil yang maksimal.
3.
Pembinaan
PBM oleh pihak sekolah
Dari
pelaksanaan PBM yang dilakukan di sekolah ini, kami merasakan sambutan yang
cukup baik dari pihak sekolah, yaitu dukungan dan motivasi kepada kami untuk
dapat memacu kreativitas dan skill juga profesionalisme kami untuk terus dan selalu
berlatih agar menjadi lebih baik. Hal itu menjadi bukti nyata bahwa sekolah ini
memang sangat memperhatikan keberadaan kami khususnya menyangkut kegiatan PBM
yang dilaksanakan.
Kepala
sekolah beserta seluruh dewan guru dan karyawan sangat memandang penting apa
yang kami lakukan, kami mendapatkan pembinaan yang dilakukan oleh guru pamong
sangat memuaskan dan bisa dikatakan sangat baik, kenyataan itu terlihat dari
ketelitian mereka dalam hal menilai setiap kegiatan praktik yang kami
laksanakan.
B.
Partisipasi
dalam kegiatan di luar PBM
1. Kegiatan-kegiatan
di luar PBM
Hal yang berhubungan dengan kegiatan yang
dilaksanakan di luar PBM, memang dilakukan juga oleh mahasiswa praktikan, hal
itu berdasarkan kepada instruksi kepada kepala sekolah, salah satu kegiatan
yang telah dilaksanakan adalah kegiatan Sholat dhuha. Kegiatan ini melibatkan
mahasiswa untuk terjun langsung dalam hal pembinaan serta dalam hal pelaksanaan
hingga evaluasi kegiatan Sholat dhuha tersebut.
2. Pembinaan
oleh pihak sekolah
Kegiatan PPK yang dilaksanakan di SMK DWI
DARMA memang cukup memberikan kesan yang sangat mendalam bagi segenap mahasiswa
praktikan. Dari proses pembinaan atau bimbingan yang diberikan oleh pihak
sekolah yang dilihat dari segi pengelolaan terhadap kegiatan PPK yang dilaksanakan
mahasiswa praktikan memang sangat memuaskan. Kegiatan PPK yang dilaksanakan
cukup mendapatkan perhatian yang lebih sehingga pembinaan kegiatan PPK bisa
berjalan dengan lancar.
3. Hambatan-hambatan
yang ditemui
Pelaksanaan kegiatan PPK yang dilaksanakan
di SMK Dwi Darma selain bisa dikatakan berjalan dengan lancar, akan tetapi pada
pelaksanaannya, mahasiswa praktikan tidak terlepas dari berbagai hambatan atau
permasalahan yang terjadi. Pada kegiatan di luar PBM mahasiswa cenderung kurang
begitu memahami dan mengerti bagaimana menjalankan suatu kegiatan agar
mendapatkan hasil yang diharapkan. Hal ini disadari atas keterbatasan setiap
mahasiswa praktikan yang notabenenya masih kurang memahami bidang yang
cakupannya di luar kegiatan PBM.
Namun selain daripada itu semua
permasalahan dari pelaksanaan kegiatan praktik bisa diminimalisir dengan baik.
Hal ini tentu tidak terlepas dari dukungan pihak sekolah yang senantiasa
memberikan bimbingan dan pengarahan kepada mahasiswa praktikan untuk
menjalankan suatu kegiatan dengan tata cara yang sesuai agar dapat menciptakan
hasil yang diharapkan.
BAB V
ANALISIS MASALAH KEPENDIDIKAN
A.
Temuan
Masalah Kependidikan
Segala kegiatan sekolah dalam
memajukannya merupakan tugas utama dalam
program sekolah yaitu penerapan kurikulum pengadaan kesejahteraan personal.
Menyikapi kedua hal tersebut merupakan suatu kewajiban dari pihak lembaga
kepada setiap dewan guru dan karyawan dalam ruang lingkup lembaga pendidikan.
Pihak
sekolah dan yayasan berupaya meningkatkan penerapan kurikulum, selain kurikulum
yang berstandar nasional begitu kurukulum yang bersifat muatan lokal merupakan
menyempurnakan kurikulum PAI yang hanya 3 jam penerapannya di SMK yang
bertujuan mencetak siswa sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah terutama menguasai
Iptek yang didasarkan nilai-nilai Agama.
Adapun
temuan masalah yang praktikan hadapi dalam kegiatan PPK ini salah satunya
adalah minimnya buku paket yang ada di tempat PPK terutama pelajaran PAI, andai
pun ada buku tersebut masih mengacu kepada kurikulum yang lama yaitu kurikulum
2006.
Masalah
lain yang kami temukan adalah adanya rekan praktikan di kelompok kami yang
murni, yang selama ini belum pernah berkecimpung dalam dunia pendidikan.
Sehingga rekan kami ini mengalami sedikit kesulitan pada saat mempersiapkan dan
menyampaikan materi dan administrasi pembelajaran (RPP).
B.
Upaya
Problem Solving
Upaya yang kami lakukan untuk memecahkan
masalah – masalah yang kami hadapi tersebut diatas adalah dengan cara
mewajibkan kepada rekan kami yang bermasalah dengan RPP, supaya selalu bertanya
dan berkonsultasi. Baik berkonsultasi dengan dosen pembimbing, guru pamong atau
bisa juga berkonsultasi dengan teman praktikan yang lain yang dianggap mampu.
BAB VI
PENUTUP
A.
Simpulan
Praktik profesi keguruan adalah suatu
kegiatan yang dilaksanakan untuk mencetak lulusan calon guru yang kompeten dan
memiliki profesionalisme yang sangat tinggi. Kegiatan PPK adalah sebuah ajang
untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa praktikan dalam rangka
mempersiapkan diri untuk menghadapi kemajuan dunia yang sangat pesat.
Pada pelaksanaannya kegiatan PPK yang
sudah berjalan memang kami rasakan masih cukup banyak kekurangan yang perlu
mendapatkan perbaikan yang sangat besar. Semua kegiatan yang telah dilaksanakan
adalah menjadi pengalaman berharga bagi kami agar menjadi lebih baik lagi pada
masa yang akan datang. Namun tidak terlepas dari kekurangan yang kami miliki,
pihak sekolah tetap menjadi tempat yang sangat penting bagi kami.
Selain dari hal di atas, kegaiatan
Praktik Profesi Keguruan yang dilaksanakan adalah menjadi salah satu cara agar
setiap mahasiswa mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab serta profesionalisme
kerja dalam rangka pelatihan mental dan kemampuan setiap individu agar ketika
pada saatnya nanti bisa menyumbangkan hasil yang terbaik sesuai dengan
kemampuan yang dimiliki.
B.
Saran
Secara
global pelaksanaan PPK yang dilaksanakan di SMK
Dwi Darma sudah sangat baik dan bisa dikatakan memuaskan. Namun tidak
terlepas dari semua itu setiap kegiatan atau pekerjaan apapun pasti akan ada
satu titik kesalahan yang harus diperbaiki lagi.
Dengan
dasar pemahaman serta tanpa adanya rasa tidak menghargai atas semua hal yang
diberikan, ada beberapa hal yang diperbaiki khususnya oleh pihak sekolah.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa
praktikan, maka kami menyimpulkan ada beberapa hal yang memang masih dirasakan
kurang. Hal ini baik secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh
terhadap keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan.
Beberapa
hal tersebut dirumuskan kepada beberapa bagian, antara lain :
1.
Kegiatan
belajar mengajar dirasakan kurang kondusif. Hal ini disebabkan karena kurang
kontak dengan masyarakat yang ada di lingkungan sekolah.
2.
Kegiatan
PPK kurang efektif karena penetapan hari efektif pada kalender pendidikan yang
berlaku kurang memadai dalam perencanaan dan pelaksanaan PPK.
3.
Kegiatan
PPK kurang efektif karena berbarengan dengan persiapan sekolah dalam
menghadapai Akreditasi.
Beberapa
hal yang kami rasakan kurang di tas
bukan berarti memberikan penilaian akan keburukan sekolah, akan tetapi adalah
sebagai masukan dari kami selaku para calon pendidik yang suatu saat akan ikut
serta dalam memperjuangkan pendidikan yang sekarang ini dilaksanakan.
Semua
kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan adalah suatu hal yang sangat kami
sadari dalam diri kami masing-masing. Setiap gerak dan langkah yang dilakukan
oleh seorang makhluk adalah mutlak tidak akan luput dari kesalahan. Dari semua
hal itu, kami atas nama mahasiswa STAI Sukabumi mohon maaf yang
sebesar-besarnya apabila ada banyak kekurangan dan kesalahan yang bisa saja
menyebabkan hati dan perasaan siapapun tergores.
Satu
hal yang tidak kami lupakan adalah ucapan terima kasih kepada kepala sekolah
SMK DWI DARMA beserta seluruh dewan guru yang telah memberikan bimbingan dan
dukungan kepada kami untuk dapat berpacu dalam kebaikan dan senantiasa selalu
optimis untuk belajar dari kegagalan hingga akhirnya meraih keberhasilan yang
maksimal yang selalu menjadi impian setiap manusia. Semua hal itu bertujuan
pada suatu hari nanti kami semua bisa memanfaatkan semua hasil pembelajaran ini
dalam kehidupan sehari-hari, baik bagi kami sendiri maupun bagi agama, nusa dan
bangsa.
TATA TERTIB PESERTA PPK
DI SMK DWI DARMA
1.
PAKAIAN
a. Pakaian
harus rapih, sopan, bersih, tidak transparan fisik, dan tidak mencolok atau
mengundang tertawaan, cemoohan dari siswa.
b. Tidak
diperkenankan memakai pakaian santai, (seperti jeans, kaos oblong, dan
semacamnya).
2.
RAMBUT
a.
Jangan
memelihara rambut gondrong / kuncir.
3.
SEPATU
a. Gunakan
sepatu yang sopan dan pantas dipakai calon guru-guru. Untuk itu para praktikan
perlu memperhatikan peraturan sekolah.
4.
PERHIASAAN
a. Tidak
menggunakan perhiasaan yang mencolok dan mewah.
5.
SIKAP
a. Bersikap
sopan, rendah hati, dan hormat kepada semua staf di sekolah.
b. Mengucapkan
salam sesuai dengan kebiasaan / peraturan di sekolah.
c.
Menyapa
siswa dengan sebutan “anak-anak”.
6.
BAHASA
a. Menggunakan
bahasa yang baku ,
benar, dan sopan.
Parungkuda, Oktober 2014
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Koordinator Individu
Drs. H. Didin Badrudin
Siti Maesaroh
NIP.
NIM. 2011.1215
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUKABUMI
TERAKREDITASI
SK BAN-PT
DEPDIKNAS Nomor : 011/BAN-PT/Ak- XI/S1/VI/2008 Tanggal 20 Juni 2008
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Akta IV
Jl. Lio
Balandongan Sirnagalih (Begeg) No. 74 Kel. Cikondang Kec. Citamiang Kota
Sukabumi E-Mail:sukabumi_stai @yahoo.co.id
Nomor : 647.1/PPK/STAI/YPS-K/IX/2011
Lampiran : -
Perihal : Izin
Meninggalkan Tugas
Kepada yang terhormat,
Bapak/Ibu Kepala…………………………….
………………………………………………….
Di
Tempat
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.,
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Praktek Profesi
Keguruan (PPK) Mahasiswa Sekolah Tinggi
Agama Islam (STAI) Sukabumi Tahun Akademik 2014/2015, maka dengan ini saya
memohon kepada Bapak/Ibu untuk mengizinkan nama di bawah ini melaksanakan
kegiatan tersebut.
Nama : ……...…………………………………………………..
Nomor Pokok : ……...…………………………………………………..
Jurusan : ……...…………………………………………………..
Program : Strata Satu (SI-PAI)
Adapun pelaksanaannya mulai tanggal 8 September 2014
s.d. 8 Oktober 2014. Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan
terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,
Prof. Dr.
H. Endin Nasrudin, M.Si.
NIY. YP. 00589
0 comments :
Post a Comment